Polres Kukar Ringkus Dua Pelaku Curanmor

img

Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama saat jumpa pers, Kamis (15/7/2021)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,TENGGARONG- Polres Kutai Kartanegara berhasil meringkus dua pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor).

Dua pelaku itu adalah Riadianto (41) Warga Kecamatan Muara Kaman yang ditangkap  di simpang Kitadin Tenggarong Seberang dan Nano Sofiana (34) Warga Panajam Paser Utara (PPU) yang diringkus di Tenggarong,  pada 7 Juli 2021.

Menurut Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama, kejadian pencurian sepeda motor itu terjadi pada 6 Juli 2021, sepeda motor milik Fivi Aprilia  sekira pukul 06.00 wita, hilang saat di Kelurahan Mangkurawang, lalu korban melaporkan peristiwa itu ke Polres Kukar.

"Atas laporan tersebut, team Aligator Polres Kukar menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Mangkurawang, saat itu petugas langsung melakukan olah TKP serta pengumpulan bahan keterangan dan informasi (pulbaket).”  kata Arwin Amrih Wientama kepada media, di Polres Kukar, Kamis (15/7/2021).

Sehari kemudian, pada 7 Juli 2021 sekitar pukul 13.00 wita, petugas mendapat informasi dari anggota unit Reskrim Polsek Tenggarong Seberang bahwa ada sepeda motor dengan ciri-ciri persis dengan sepeda motor yang di informasikan hilang.

"Sepeda tersebut terlihat di daerah di simpang kitadin Tenggarong Seberang" jelasnya.

Atas informasi tersebut, petugas melakukan penyelidikan di daerah simpang Kitadin RT.30 Tenggarong Seberang. Sekira pukul 15.00 wita didapati sepeda motor yang dimaksud kemudian dilakukan pengecekan serta mengamankan pengendaranya.

"Ternyata benar motor tersebut merupakan sepeda motor yang hilang, petugas langsung mengintrogasi pengendara tersebut" ucapnya.

Dari hasil introgasi bahwa, pengendara tersebut mengakui motor tersebut adalah hasil curian dan juga mengakui telah melakukan pencurian sebanyak 7 kali bersama temannya Nano Sofiana.

Setelah menangkap tersangka Riadianto, petugas kemudian memburu tersangka satunya yakni Nano Sofiana, yang berhasil dibekuk di kota Tenggarong.

Tersangka dan barang bukti diamankan di Polres Kukar, adapun barang bukti yang diamankan yaitu, 5 unit sepeda motor terdiri dari 1 motor Mio J, 1 motor Mio, 1 Motor Jupiter Z, 1 motor Vega ZR, 1 motor Satria F, beserta alat alat yang dipakai untuk melakukan pencurian, seperti obeng dan kunci kunci bengkel.

"Modus yang dilakukan pelaku yaitu dengan menggunakan Kunci T, Pelaku merusak kontak sepeda motor korban yang di incarnya, untuk sepeda motor yang tidak mengunci stang pelaku membongkar kontak sepeda menggunakan obeng" tuturnya

Sementara Pasal yang dikenakan yaitu Pasal 363 Ayat (1) ke 4e dan ke 5e Jo Pasal 362 KUHP, dengan ancaman 7 tahun penjara.(*riz)