Dispora Kukar Lakukan Pendataan Pemuda Disabilitas, Akan Diberikan Pelatihan Sesuai Keahlian

img

Aji Ali Husni

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,TENGGARONG- Upaya Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk memajukan Sumber Daya Manusia (SDM)  terus dilakukan, termasuk  yang akan dilakukan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan akan meningkatkan kualitas SDM pemuda Disabilitas Kutai Kartanegara.

Saat ini Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar membuka pendataan untuk pemuda yang mengalami disabilitas, yang nantinya akan diberikan pelatihan sesuai dengan  keahlian.

Kepala Bidang (Kabid) Kewirausahaan Kepemudaan dan Kepramukaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kukar Aji Ali Husni mengatakan, pendataan disabilitas dilakukan sejak 14 Juli sampai akhir Agustus 2021. Pendataan disabilitas dilakukan secara online, pengisian formulir dapat dilakukan melalui website https://bit.ly/3esixxT.

"Tujuan dari pendataan tersebut untuk mengupdate data pemuda yang disabilitas, yang nantinya akan diberikan pelatihan ," kata Aji Ali Husni kepada Poskotakaltimnews, Sabtu (31/7/2021).

Ia mengatakan, pemuda disabilitas yang ada di Kukar bisa memasukan data dengan mengisi  formulir yang telah disiapkan melalui online.

"Kita akan fasilitasi dan lakukan pendampingan, sehingga pemuda disabilitas memiliki keahlian atau kemampuan sesuai dengan bidangnya, kemudian bisa diimplementasikan  untuk bisa berkarya dan mandiri nantinya. Sementara Pendataan ini tidak ada batas kuota, bagi pemuda disabilitas domisili Kukar, silahkan mengisi data dirinya" sebutnya.

Adapun persyaratan pemuda disabilitas yang didata yaitu, usia 16 sampai 30 tahun, sedangkan untuk jenis disabilias diantaranya adalah , tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, tuna grahita, tuna laras dan tuna ganda.

"Kami berharap kesempatan ini dimanfaatkan oleh pemuda disabilitas, sejauh ini sudah ada sekitar 177 pemuda disabilitas Kukar yang telah mengisi data dirinya" tutupnya.(*riz/adv)