DPMD Kukar Akan Canangkan Digitalisasi BUMDes

img

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kukar Dafip Haryanto.

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.KUKAR- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kukar Dafip Haryanto mengatakan, pihaknya akan memfokuskan bagaimana BUMDes di Kukar bisa maju dalam mengembangkan usahanya.

"Maka BUMDes di Kukar akan kita dorong menciptakan produk layak jual, " ungkap Dafip Haryanto belum lama ini.

Bahkan tahun ini lanjutnya, program digitalisasi BUMDes seperti yang dicanangkan Kementerian Desa rencananya tahun ini juga akan diterapkan di Kukar. Dimulai dengan menggandeng beberapa marketplace seperti Bukalapak, Shopee atau Tokopedia.

"Jika program ini jalan maka kita inginnya produk BUMDes Kukar bisa terpasang di salah satu marketplace seperti Bukalapak atau Shopee. Namun akan kita siapkan dulu dengan Pemdes, agar konsepnya lebih matang, " ujarnya.

Ia mengatakan, BUMDes di Kukar saat ini ada yang sudah masuk kategori mandiri karena pendapatannya besar. Dan bisa memberi pemasukan Desa sampai Rp 300 juta per tahunnya.

"Dan ini yang kita harapkan, BUMDes bisa memberikan pemasukan ke Desa, selain itu tentunya dapat meningkatkan perekonomian sekitar dan pastinya juga dapat membuka lapangan kerja baru, " tuturnya.

Dafip menambahkan, usaha yang dilakukan BUMDes di Kukar juga menyesuaikan dengan karateristik dan potensi desa masing-masing.

"Dalam menjalankan usaha, BUMDes tidak boleh menyaingi usaha masyarakat, tapi harus menjadi mitra yang sama-sama saling menguntungkan, " tutupnya. (adv)