Jalan di Desa Sanggulan Rampung, Komitmen Bupati Edi Damansyah Direalisasikan

img

(kondisi jalan yang mulus) 

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.KUKAR- Warga Desa Sanggulan, Kecamatan Sebulu tentu merasakan kegembiraan. Akses jalan di Desa Sanggulan, Kecamatan Sebulu, Kukar sudah berbadan semenisasi dan aspal.

Hal Ini sesuai dengan komitmen Bupati Kukar Edi Damansyah kepada masyarakat Desa Sanggulan merespon aspirasi masyarakat yang disampaikan secara langsung, yang sempat didokumentasikan warga setempat dalam bentuk video saat itu.

Tak hanya sebagai jalur transportasi untuk mobilitas warga, melainkan juga sebagai akses distribusi bahan makanan dan pengangkutan hasil kebun warga.

Camat Sebulu Edy Fahrudin menyebutkan, akses jalan di Desa Sanggulan tersebut menjadi bagian dari denyut nadi perekonomian warga. Nantinya, akses jalan tersebut akan terhubung menuju Tenggarong bahkan Muara Kaman.

Penggunaan akses jalan dari Tenggarong menuju Sebulu hingga Muara Kaman, diyakini akan membuat perekonomian masyarakat akan bangkit. Mulusnya jalan di Desa Sanggulan, diketahui sejak tahun 2020 lalu.

"Untuk di Desa Sanggulan Alhamdulillah sudah mulus. Jalannya ada yang semen dan aspal," kata Edy Fahrudin.

Untuk kegiatan lanjutan ruas jalan menuju Desa Sanggulan dipastikan telah menjadi prioritas Pemkab Kukar. Namun pengerjaannya dilakukan secara bertahap. Termasuk pada ruas jalan menuju Desa Senoni serta Desa Rapak Lambur. Diketahui, ruas jalan Senoni ini kurang lebih sepanjang 10 Kilometer. Dari panjang ruas jalan tersebut masih ada 5,74 Kilometer lagi yang bakal dilakukan peningkatan kapasitas struktur jalannya.

Kemudian terdapat perkerasan tipe tanah sepanjang 5,39 Kilometer. Rencananya peningkatan kapasitas strukturnya akan kembali dilanjutkan. Panjangnya kurang lebih 2 kilometer yang didanai lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021.

"Kita pahami jika pengerjaannya dilakukan secara bertahap. Yang pasti untuk Desa Sanggulan memang sudah dilakukan peningkatan. Apresiasi patut disampaikan kepada Bupati Kukar Edi Damansyah yang memulai kegiatan peningkatan jalan tersebut pada dimasa kepemimpinannya. Ini sesuai dengan komitmen Bupati Kukar Edi Damansyah kepada masyarakat desa Sanggulan. " imbuhnya.

Sebelumnya, sempat beredar video pernyataan Bupati Kukar Edi Damansyah yang memastikan jalan di Desa Sanggulan bakal mulus pada tahun 2020. Sayangnya, rekaman pernyataan Bupati tersebut didampingkan dengan kondisi jalan lain yang sebenarnya berada di Dusun Ngadang, di Desa Beloro. Untuk kawasan Dusun Ngadang diketahui juga menjadi lanjutan kegiatan proyek yang akan dikerjakan pada tahun 2021 ini.(pk)