Ketua MPR RI Tinjau Lokasi IKN, Bamsoet: Dahsyad dan Luar Biasa

img


POSKOTAKALTIMNEWS.COM,SEPAKU-Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bansoet) bersama  Waki Ketua MPR RI yaitu Ahmad Basarah,   Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid,  Asrul Sani, Fadel Muhammad, Sekjen MPR RI Ma'ruf Cahyono. dan didampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, mengunjungi lokasi Ibu kota Nusantara  di Sepaku PPU Kaltim.

Bambang Soesatyo (Bansoet) mengatakan, kunjungan kerja ke Kaltim, untuk melihat langsung titik lokasi pembangunan ibu kota Nusantara di PPU, termasuk pembangunan sarana pendukung IKN seperti pembangunan bendungan Sepaku Semoi.

Alhamdulillah, kita sudah melihat langsung titik lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kaltim,  saya katakan Sahsyad dan Luar Biasa," jelas Bambang Soesatyo, usai meninjau lokasi IKN, Kamis (27/1/2022).

Bansoet mengharapkan, pembangunan ibu kota Nusantara bisa segera direalisasikan  dan Istana negera tahun 2024 sudah terwujud dan bisa dipakai untuk peringatan HUT Proklamasi Republik Indonesia, di tanah yang kita injak ini.

"Kita harapkan  pembangunan ibu kota Nusantara secepatnya terwujud, sehingga pemindahannya bisa cepat pula dilaksanakan, ditargetkan tahun 2024 sudah terialiasa dan bisa dipakai dalam peringatan HUT Proklamasi RI tahun 2024," tegas Bamsoet.

Sebelum meninjau lokasi  pembangunan IKN, Ketua MPR RI dan rombongan didampingi Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, Kepala Dinas PUPR Pera, meninjau  proyek pembangunan Bendungan  Sepaku Semoi,   yang berlokasi  di Desa  Tengin Baru Kecamatan  Sepaku Kabupaten Panajam Paser Utara.

Bendungan Sepaku Semoi  merupakan dukungan penyediaan air baku dan pengendalian banjir Kawasan ibukota negara Nusantara.

Volume tampung bendungan Sepaku Semoi    10 juta M3. Tinggi Bendungan 25 meter, panjang 450 meter, daerah layanan IPA KIPP kota Balikpapan,  masa pelaksanaan 2020-2023,biaya Rp556 miliar  progres MYC  fisik 32,46 persen. (mar)