Cari Bibit Atlet Disabilitas, Dispora Kukar Akan Lakukan Pendataan dan Sosialisasi ke Kecamatan

img

Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,KUTAI KARTANEGARA- Guna mencari bibit atlet penyandang disabilitas, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar), dalam waktu dekat akan melakukan pendataan dan sosialisasi ke kecamatan-kecamatan untuk bergabung dengan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI)  Kukar.

Hal ini dilakukan, mengingat belum banyak atlet atlet disabilitas di Kukar. Selain untuk menggali bakat juga untuk menumbuhkan semangat para  penyandang disabilitas bahwa mereka bisa berprestasi seperti orang normal lainnya.

Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni mengatakan, dalam waktu dekat akan dilakukan pendataan dan sosialisasi di kecamatan-kecamatan yang masih ada saudara saudara yang disabilitas untuk bisa bergabung dengan NPCI Kukar. Termasuk juga memfasilitasi beberapa tempat buat mereka latihan.

"Kita siapkan gedung untuk berlatih, kemudian sekretariatnya kita kasih ruangan, terus peralatan Gym kita bantu  sama seperti atlet yang normal. Artinya untuk fasilitas latihan di Kukar sudah cukup lengkap, hal ini terbukti ada atlet yang sudah meraih prestasi di level nasional." ujar Ali belum lama ini.

Ali mengungkapkan Dispora terus mendukung para atlet disabilitas, sebagai penyeimbangan pelayanan olahraga. Jadi tidak hanya kawan-kawan pelaku olahraga yang normal termasuk kawan-kawan yang disabilitas pun dilakukan pelayanan-pelayanan.

“Dalam artian kita laksanakan event, kita lakukan pemenuhan sarana dan prasarananya, kemudian kami bawa mereka  latihan bersama di Jawa Barat biar ini bisa membuka wawasan mereka. Kami berupaya pelayanan ini berimbang antara kawan kawan disabilitas dengan yang normal." jelas Ali.

Menurut Ali, sejauh ini Dispora melakukan pembinaan dan pendampingan dengan atlet disabilitas. Secara organisasi NPCI memang sama posisinya dengan KONI untuk mengurusi kawan-kawan disabilitas.

"Secara pembinaan organisasi kami bantu. Kemudian dalam rangka peningkatan pencarian bibit-bibit atlet kita juga membantu mereka untuk melakukan sosialisasi kemudian melakukan tryout." ungkapnya.

Untuk itu, bagi orang tua yang memiliki anak yang ada keterbatasan fisik, artinya tidak ada hambatan untuk meraih prestasi yang belum bergabung dalam NPCI Kukar

"Kami menghimbau bagi orang tua yang memiliki anak  disabilitas atau keluarganya yang berkebutuhan khusus bisa bergabung dengan NPCI Kukar, karena mereka masih punya harapan seperti anak anak yang normal lainnya." pungkasnya.(pk)