Presiden CIOFF Kunjungi Sultan Kutai

img

TENGGARONG. Presiden International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts (CIOFF) Dunia, Philippe Beaussant, meyempatkan diri bersilaturahmi dengan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, ke 20. Haji Aji Muhammad Salehuddin II, di Kedaton Sabtu. (21/10/2017).

 

Philippe Beaussant yang di dampingi Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar). Sri Wahyuni bersama dengan Tim Komite Eksekutif CIOFF Dunia langsung di sambut langsung oleh Sultan yang di dampingi Putra Mahkota, Haji Aji Pangeran Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat.

 

Rombongan yang berjumlah 6 orang termasuk Presiden CIOFF Indonesia Said Rachmat langsung di suguhi Tarian Kanjar Ganjur Yang di Tarikan langsung Oleh Para Cucu Sultan yang di iringi alunan Musik Gemelan Khas Kutai.


“Saya tidak menyangka akan di sambut seperti ini oleh Sultan dan saya merasa senang saat bertemu dengan Sultan, beliau punya aura yang berbeda, bahkan saya merasa seperti cucu Sultan” kata Philippe melalui Kadispar.


Philippe mengaku baru pertamakalinya datang ke Indonesia dan langsung ke Kukar Tenggarong, untuk melakukan Kongres Dunia CIOFF Ke 47, ada 50 Negara yang hadir kurang lebih 120 orang peserta.


“Mereka juga merasa sangat senang berada disini. Karena kukar juga menjadi bagian dari CIOFF dengan festival Erau, sehingga Kota tenggarong sudah tidak asing lagi bagi mereka” teranya.


CIOFF adalah International Cultural Non-Governmental Organization (NGO) di tingkat International yang bergerak dibidang budaya, yang berupaya untuk melestarikan kesenian rakyat dari seluruh Negara melalui penyelenggaraan Festival. Kongres ke 47 ini juga menjadi hal yang penting  bagi CIOFF.

“CIOFF ini NGO yang berada di bawah United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), tidak banyak NGO yang berada dibawah UNESCO, akan tetap CIOFF Sudah tercatat dan terakreditasi sebagai NGO yang langsun dibawah UNESCO” tambahnya.


Dia juga mengucapkan terimakasih kepada pemertah Kukar yang telah memfasilitasi kongres CIOFF Dunia Ke 47 ini.


Semetara Haji Aji Pengeran Poeger yang mewakili Sultan menyampaikan, pihak kesultanan merasa sangat bangga dengan kehariran Presiden CIOFF dan rombongan. Yang telah menyempatkan diri untuk bersilaturahmi kepada Sultan kami.


“Kami berharap dengan dilakukannya kongres CIOFF Dunia ke 47 di kukar dapat mempererat hubungan kita sehingga kita bisa menmgenalkan budaya kita ke kancah International” ujuarnya. aji