10 Pelajar Kukar Masuk Finalis Pemilihan Duta Baca Tingkat SMP

img


POSKOTAKALTIMNEWS.COM, KUTAI KARTANEGARA- Asisten III Setkab Kukar Totok Heru Subroto membuka Grand Final Pemilihan Duta Baca Pelajar tingkat SMP/sederajatnya 2023, di Hotel Grand Fatma Tenggarong, Kamis (24/8/2023).

Sementara Duta Baca Pelajar merupakan program pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang secara berkesinambungan, dengan melakukan berbagai upaya untuk peningkatan pembudayaan kegemaran membaca (PKM).

Ia mengatakan, Duta Baca Pelajar juga bagian salah satu dari penyemangat untuk mencetak generasi muda, dalam mengembangkan minat baca.

"Kita semua sangat sadar bahwa begitu pentingnya untuk meningkatkan minat membaca, dengan berbagai literasi yang ada sesuai perkembangan IPTEK, baik berupa buku bacaan yang dicetak tertulis maupun buku digital," kata Totok Heru Subroto.

Sehingga melalui upaya tersebut mampu meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta pemahaman secara komperhensif, agar dapat menjawab berbagai tantangan dan hambatan perubahan zaman.

Menurutnya, perkembangan IPTEK saat ini dan mendatang yang begitu cepat dan penuh tantangan, terutama dengan adanya perkembangan teknologi 4.0 dan kompetisi global.

"Maka salah satunya diperlukan penguasaan dan  kemampuan SDM yang melek Literasi, sehingga dapat dengan cepat merespon segenap aspek perubahan lingkungan kehidupan yang tidak menentu," ucapnya.

Dirinya berharap, melalui pemilihan duta baca pelajar ini menjadi upaya bersama untuk membangun komitmen, serta berkolaborasi dengan semua pihak, untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar  Aji Lina Rodiah menambahkan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan budaya membaca masyarakat.

Dari kegiatan tersebut, sebanyak 24 peserta yang mendaftar dari 12 sekolah di Kukar, namun setelah melalui seleksi administrasi yang lolos menjadi finalis sebanyak 10 peserta.

"Seluruh finalis duta baca pelajar saat ini merupakan figur pelajar di tingkat SMP/sederajatnya. Mereka adalah sosok yang mempunyai kelebihan kecerdasan," ungkap Aji Lina Rodiah.(riz)