Sekkab M Said Berharap Partisipasi Seluruh Ormas Dalam Menjaga Kemanan dan Ketertiban Sosial

img

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,TANJUNG REDEB : Pemkab Berau Menggelar Kegiatan Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan dengan tema "Peran Serta Omas Dalam Menciptakan Pemilu Tahun 2024 Yang Aman Dan Damai".  Acara ini dibuka Bupati Berau, Sri Junarsiah Mas yang diwakili oleh Sekkab Berau, M Said. Berlangsung di Hotel Derawan Indah, Selasa (5/12/2023).

Sekkab, M Said mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan sinergitas, terutama dalam mewujudkan situasi yang kondusif di seluruh wilayah Kabupaten Berau.

Lanjut Sekkab Berau, peran dari Ormas sebagai salah satu kelompok yang merepresentasikan masyarakat sangat diperlukan. Sebisa mungkin diciptakan suasana rukun dan damai dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam UU Ormas tahun 2013, ditegaskan bahwa Ormas adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Dalam pengertian yang lain, Ormas juga dikatakan sebagai ruang untuk menghimpun kepentingan anggotanya. Bahkan sebagai salah satu pilar demokrasi. Yang mana, semakin banyak individu yang terhimpun dalam lembaga Ormas, maka akan semakin mudah menyampaikan aspirasi/kepentingannya.

"Ormas juga berfungsi sebagai ruang untuk melatih sikap tanggung jawab dan wahana kaderisasi pemimpin dalam masyarakat, baik pemimpin formal ataupun pemimpin non formal. Kendati demikian, salah satu fungsi Ormas adalah turut berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban sosial," jelas sekkab.

Pemerintah harus mampu memperluas partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan. Dengan demikian, pemerintah berkewajiban memberikan pengarahan dan bimbingan terhadap pertumbuhan kehidupan sosial politik serta menciptakan iklim yang sehat bagi pertumbuhannya.

Ia juga berharap kelompok masyarakat menjadi mitra kerja bagi pemerintah, terutama sebagai penyambung dan penyeimbang roda pemerintahan. Dengan demikian, pembinaan Ormas diharapkan bisa memberikan pemahaman akan tugas dan fungsi pokok ormas itu sendiri.

Melihat banyaknya Organisasi Kemasyarakatan yang ada di wilayah Pemerintah Kabupaten Berau, maka menjadi sangat penting untuk menanamkan kesadaran bersama sebagaimana yang dituntut oleh sistem Demokrasi Pancasila dan menciptakan mekanisme yang dapat menjaga kestabilan politik.

Berkenaan dengan penyelenggaraan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan sebentar lagi, partisipasi masyarakat tentunya sangat diharapkan. "Kita semua harus menyadari berbagai potensi konflik yang mungkin akan muncul pada saat tahapan Pemilu nanti, yaitu politik sara, politik identititas, hoaks, konflik antar pendukung, ujaran kebencian, dan sebagainya," tuturnya.

Ormas dan segenap komponen masyarakat juga diharapkan terlibat dalam mengawasi seluruh tahapan Pemilu dan menjadi pemilih yang cerdas, yang memilih sesuai visi misi, bukan politik uang.

"Saya juga megajak kepada kita semuanya, mari kita gunakan hak politik dengan sebaik-baiknya, namun jangan sampai mencerai- beraikan kita, apalagi sampai membuat ikatan persaudaraan kita menjadi retak," jelasnya.

Melalui kata sambutan sekaligus paparan materi ini, M Said menginstruksikan pada lembaga dan instansi terkait yang berwenang dalam pembinaan Organisasi Kemasyarakat di Kabupaten Berau agar dapat memperkuat kualitas kelembagaan terkait pemantapan sistem tata laksana implementasi peraturan perundang-undangan tentang partai politik dan keormasan.

Kemudian, kembangkan budaya tertib hukum dalam kelembagaan partai politik, tingkatkan partisipasi kelembagaan masyarakat, dan kokohkan keterpaduan langkah antar pihak dalam pemberdayaan masyarakat.

Selanjutnya, yang tak kalah penting, ciptakan kesamaan persepsi antar pihak terhadap peranannya dalam penyelenggaraan pemerintahan, dan kembangkan ide serta gagasan untuk mendukung dan menyukseskan pembangunan daerah.

Terakhir ia juga sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi dari seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Berau untuk bersinergi menciptakan kondusivitas di Bumi Batiwakkal.

"Semoga kita dapat melewati tahun politik dengan tenang dan penuh kesejukan," harapnya.

Said juga mendorong peran aktif dari jajaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama seluruh perangkat terkait untuk senantiasa memberikan pembinaan, pendampingan, dan pemberdayaan kepada ormas dan komponen masyarakat lainnya agar kehidupan berbangsa dan bernegara di Kabupaten Berau dapat terlaksana sebagaimana mestinya. (sep/Nad)