Panen Perdana Melon di Green House Waduk Panji Sukarame, Pj Gubernur: Daerah Masing-masing Miliki Keunggulan Sumber Daya Alam

img

Pj Gubernur Kaltim saat panen melon di green house Waduk Panji Sukarame

POSKOTAKALTIMNEWS, KUKAR : Penjabat Gubernur Kalomantan Timur Akmal Malik didampingi Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan Direktur Utama Bankaltimtara Muhammad Yamin bersama jajaran Forkopimda Kutai Kartanegara melakukan panen perdana buah melon varietas golden KI budidaya green house Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kecamatan Tenggarong, di Waduk Panji Sukarame Tenggarong, Senin (12/2/2024).

Pj Gubernur Akmal Malik mengungkapkan rasa syukur atas dilaksanakannya panen perdana melon varietas golden pada green house yang dikelola oleh KTNA dan KWT Kecamatan Tenggarong. Akmal juga memberikan apresiasi atas dukungan dan fasilitas yang diberikan Pemkab Kutai Kartanegara untuk membangun green house di kawasan Waduk Panji Sukarame.

“Sangat senang sekali di Senin pagi ini bisa panen melon di green house bersama bupati dan forkopimda Kukar. Kebahagiaan itu yang tertinggi. Masuk dalam masa tenang dari pemilu, kita berkebun,” kata Akmal Malik.

Akmal Malik menyebut semua daerah di Kaltim sangat potensial dengan masing-masing keunggulan dan sumber daya alam yang dimiliki termasuk untuk lahan pertanian, namun pengelolaannya masih kurang maksimal, sehingga yang dihasilkan juga kurang maksimal. Untuk itu, Akmal mengajak semua kepala daerah untuk mengelola alam Kalimantan Timur ini secara bijaksana. Semua bisa dilakukan, muncinya adalah kolaborasi dengan membenahi tata kelola.

“Seperti ini, Pemkab Kukar sudah melakukan langkah yang bagus dengan memberikan dukungan untuk green house dan sudah berhasil membudidayakan melon dengan kualitas grade 16, manis sekali melonnya. Jadi pemerintah daerah mari kita kasih modal petani atau kelompok tani, kita kasih pelatihan keterampilan, kasih fasilitas. Karena tidak ada lahan yang tidur, yang ada orang yang tidur. Ayo kita membangunkan masyarakatnya untuk bisa mengelola pertanian yang ekonomis,” ajak Akmal Malik.

Pada kesempatan ini, Pj Gubernur Akmal Malik, Bupati Kukar Edi Damansyah dan Direktur Utama Bankaltimtara Muhammad Yamin melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemprov Kaltim, Pemkab Kutai Kartanegara dan Bankaltimtara tentang fasilitas kredit kepada usaha tani.

“Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini juga akan membantu para petani dan kelompok tani untuk mendapatkan modal usaha tani mereka. Namun, kuncinya bukan hanya di kredit, tapi juga di pemasaran. Sekali lagi, kolaborasi harus kita tingkatkan. Dinas Pasar yang dimiliki kabupaten/kota tugasnya tidak hanya mengelola pedagang atau memungut retribusi saja, tapi bisa diberdayakan untuk membantu pemasaran hasil tani khususnya dari green house, sehingga para petani tidak kebingungan menjual produknya,” ungkap Akmal.

Pj Gubernur Akmal, Bupati Kukar, Dirut Bankaltimtara dan jajaran Forkopimda Kukar juga berkesempatan melakukan penanaman bibit lombok di lahan Waduk Panji Sukarame bersama dengan KTNA dan KWT Kecamatan Tenggarong. (mar)