SMA Negeri 1 Tenggarong Lepas 307 Siswa

img

Suasana acara pelepasan dan perpisahan Siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tenggarong, di gedung PKM Tenggarong Seberang, Kamis (18/4/2024).

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,KUKAR- Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tenggarong melepas sebanyak 307 siswa kelas XII tahun pembelajaran 2023-2024. Acara perpisahan dan pelepasan tersebut berlangsung, di gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang, Kamis (18/4/2024).

Kepala SMA Negeri 1 Tenggarong H Asran, merasa bersyukur acara pelepasan siswa bisa dilaksanakan.”Saya selaku kepala sekolah dan mewakili rekan rekan dewan guru menyampaikan permohonan maaf, jika dalam proses pengajaran selama 3 tahun di SMA N 1 Tenggarong terdapat kesalahan. Sekarang tanggungjawab untuk bagi siswa siswi kami kembalikan kepada orang tua masing masing,” katanya.

Pada kesempatan itu H Asran juga menyampaikan kebanggaannya kepada para siswa yang pada proses seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP), banyak siswa SMA Negeri 1 Tenggarong yang dinyatakan lulus di berbagai perguruan tinggi, baik dalam daerah maupun luar daerah.

Siswa eligible yang dinyatakan lulus dari jurusan IPA SMA Negeri 1 Tenggarong sebanyak 25 orang siswa, sedangkan dari jurusan IPS sebanyak 13 orang siswa.

“Dari jurusan IPA disiapkan kuota sebesar 40 persen, artinya ada sebanyak 68 siswa eligible, dari jumlah tersebut 25 orang siswa dinyatakan lulus, pada tahun ini kenaikannya 36,7 persen. Sedangkan jurusan IPS itu 54 siswa egible yang dinyatakan lulus sebanyak 13 orang dengan presentasi kenaikan 24,1 persen.”paparnya.

Ia menyebut siswa yang lulus pada proses seleksi prestasi tersebut tersebar di beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Brawjibaya Malang, Unair, Universitas Indoensia, dan Universitas Mulawarman Samarinda.

“Saya ucapkan selamat kepada para siswa yang dinyata lulus seleksi,” tambahnya.

Dalam acara pelepasan tersebut turut dihadiri, Dr Atik Sulistiyowati selaku Sub Koordinator Kurikulum dan Penilaian pembinaan SMA Disdikbud Kaltim , perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar, komite sekolah dan para orang tua wali siswa SMA Negeri 1 Tenggarong.

Pada kesempatan itu Atik Sulistyowati berpesan kepada para siswa SMA Negeri 1 Tenggarong, selepas lulus dari SMA bukan akhir dari sebuah perjuangan, namun perjuangan itu baru dimulai sebab para siswa nantinya akan berkompetisi dengan skala lebih akbar lagi, bukan hanya lingkup kabupaten atau provinsi Kaltim namun seluruh Indonesia, untuk memperebutkan kursi pendidikan di perguruan tinggi.

Atik juga menyampaikan agar para siswa/orang tua siswa dapat memanfaatkan program pendidikan pemerintah melalui program Beasiswa Kaltim tuntas.”Pada tahun ini Pemprov Kaltim mengalokasikan anggaran sekitar Rp200 miliar untuk program beasiswa, kemudian nanti di perubahan 2024 akan ada penambahan anggaran sekitar Rp.325 miliar. Oleh karenanya itu manfaatkan sebaik baiknya program tersebut untuk pendidikan di perguruan tinggi,” katanya.(pk)