Dorong Wisata Melalui Religi, Dinas Pariwisata Kukar Akan Gelar Festival Islami

img

(Festival Islami*ist:visitingkutaikartanegara)

POSKOTAKALTIMNEWS,KUKAR:Menumbuhkan pariwisata religi melalui agama, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara akan menggelar Festival Islami mulai tanggal 15 Mei 2024.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sugiarto mengungkapkan bahwa agenda festival ini merupakan inovasi Dispar Kukar.

“Kami ingin mencoba dan mengsupport event yang berkaitan keagamaan jadi nanti disitu ada lomba-lomba yang ditampilkan supaya bisa menumbuhkan pariwisata melalui agama.” ungkap Sugiarto Minggu (12/05/2024) seusai membuka acara pelatihan peramuwisata.

Dirinya menjelaskan berbicara terkait upaya memperkenalan wisata bukan hanya sebatas hal umum saja yang di perkenalkan. Akan tetapi melalui agama, budaya serta metode lainnya juga bisa sebagai sarana memperkenalkan priwisata.

“Jadi salah satu yang kita dorong yaitu mendorong wisata melalui Festival Islami di kabupaten Kukar ini.” tandasnya.

Pada Festival Islami ini akan ada empat perlombaan yakni lomba adzan, mewarnai, fashion show muslim dan muslimah, dan lomba habsyi.

Pada malam puncak Festival ini tepatnya tanggal 18 Mei akan dimeriahkan oleh beberapa bintang tamu yakni Habib Alwi Assegaf, Hadad Alwi Feat Senandung dan Yoga PNS Juara 1 Comedy Academy.

Plt Kepala Dispar Kukar ini nantinya Festival yang digelar tersebut dapat berjalan sukses. Sehingga tidak menutup kemungkinan kedepannya pihak Dispar akan mengembangkan festival ini dan melibatkan kecamatan - kecamatan yang ada di Kukar.

“ Festival ini kan baru pertama kali jadi kita libatkan yang terdekatnya dulu, dan juga ini wisata terkait keagamaan perlu ditingkatkan. Dan perlu di garis bawahi pariwisata juga merupakan aset dari kabupaten Kukar sehingga melalui religi juga perlu dikembangkan.” tutupnya. (adv/*tan)