Perkenalkan Kuliner Daerah, Dispar Kukar Berencana Gelar Festival Kuliner

img

(Plt Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kukar, Sugiarto /pic:tanty)

POSKOTAKALTIMNEWS,KUKAR:Selain gencar mempromosikan pariwisata yang ada di Kutai Kartanegara, Dinas Pariwisata Kukar juga berupaya untuk menjadikan kuliner daerah Kutai dikenal oleh masyarakat luas.

Hal itu merupakan salah satu cara untuk melestarikan kuliner khas Kutai Kartanegara (Kukar). Atas hal tersebut Dispar Kukar berencana mengadakan Festival Cenil tingkat Kabupaten Kukar.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kukar, Sugiarto mengungkapkan festival ini tidak hanya menjadi ajang kuliner, tetapi juga menjadi sarana untuk memperkuat identitas budaya lokal serta mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat yang terlibat dalam produksi dan penjualan makanan khas tersebut.

“ Rencananya festival ini akan selenggarakan di halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.” ungkap Sugiarto Minggu (12/05/2024) disela-sela acara peramuwisata.

Dirinya beranggapan, jika penyelenggaraan festival digelar di halaman Kantor Bupati Kukar tentu masyarkat mudah untuk menjangkaunya.

“ Lokasi yang strategis tentu dapat menarik animo masyarakat untuk menghadiri festival, sehingga memperluas apresiasi terhadap kuliner khas Kutai Kartanegara.” ujarnya.

Sugiarto mengatakan festival kuliner ini merupakan inisiatif dan juga permintaan Bupati Kukar untuk memperkenalkan makanan khas Kukar.

Ia juga menyebutkan konsep festival itu akan dihias dengan berbagai kuliner daerah kalimantan hingga daerah lain juga. Meski sudah terkonsep, Sugiarto belum dapat memastikan kapan kegiatan tersebut akan dilaksanakan sebab semua halnya harus dipersiapkan dengan matang.

Dan pihaknya masih akan mengkoordinasukan dengan Bupati Kukar terkait kapan festival ini akan dilaksanakan.

"Kita siapkan organisasinya dulu, karena kalau organisasi sudah ada, kegiatan-kegiatan yang mau dilaksanakan tinggal dibahas dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.” tutupnya. (adv/*tan)