Mengurai Sampah di Tenggarong Seberang, Camat Tego : Ada 2 Lokasi Yang Bisa Dibagun TPA

img

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, KUKAR : Sebagai upaya mengurai persampahan, Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang terus berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait dengan rencana pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di wilayah tersebut.

 

Camat Tenggarong Seberang Tego menjelaskan, di Tenggarong Seberang saat ini ada dua lokasi yang memungkinkan untuk dibangunkan TPA (tempat pembuangan akhir) sampah.

 

"Pembangunan TPA itu harus menggunakan lahan yang tidak aktif, maka dari itu di Tenggarong Seberang ada 2 lokasi yang memungkinkan untuk dibangun TPA yaitu di lahan Kitadin dan di Bangun Rejo," kata Tego kepada Poskotakaltimnews, Rabu (1/11/2023).

 

"Kedua lahan tersebut merupakan lahan eks tambang yang akan dimanfaatkan," tambahnya.

 

Ia menyebutkan, terkait dengan rencana pembangunan TPA tersebut, DLHK tengah melakukan kajian terhadap kedua lahan itu. Lahan mana yang benar benar layak digunakan untuk pembangunan TPA.

 

"Memang ada syarat kelayakan untuk membangun TPA diantaranya, jauh dari pemukiman, dan luasan lahan yang memadai. Lahan tersebut luasannya sekitar 2 hektare," sebut Tego

 

Tego beharap, pada 2024 pembangunan TPA dapat direalisasikan, sehingga pembuangan sampah di Tenggarong Seberang tidak perlu jauh jauh ke lokasi lain.

"Sementara ini sampah yang ada di Tenggarong Seberang dibuang ke TPA Bekotok, yang ada di Tenggarong. Dan itu biayanya juga cukup besar," ungkapnya. (adv/riz)