Jumlah Pemilih Generasi Z Mendominasi di Pemilu 2024

img

POSKOTAKALTIMNEWS, BERAU : Seiring mendekati Pesta Demokrasi yang akan digelar pada 14 Februari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau mengumumkan pembagian Daftar Pemilih Tetap (DPT) menjadi tiga kategori utama.

 

Menurut Ketua KPU Berau, Budi Harianto, ketiga kategori tersebut melibatkan Generasi X, Milenial, dan Generasi Z, dengan jumlah total pemilih mencapai 172.575 orang.

 

Budi Harianto menjelaskan bahwa dari ketiga kategori tersebut, Generasi Z menjadi kelompok pemilih paling dominan dengan jumlah 74.318 pemilih. Generasi X menyusul dengan 53.759 pemilih, sementara Milenial memiliki 44.498 pemilih.

 

"Generasi Z menjadi pemilih paling dominan dibandingkan generasi yang lainnya," ungkap Budi Harianto, Rabu (7/2/2024).

 

Selain itu, dua generasi lainnya, yaitu baby boomer dengan sekitar 17.756 pemilih dan generasi Pre boomer sebanyak 1.512 pemilih, juga turut berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini.

 

"Jadi, generasi Z atau pemilih pemula memang mendominasi pada pesta demokrasi 2024 ini," tambahnya.

 

Budi Harianto menyampaikan bahwa data ini merupakan hasil rekapitulasi KPU Berau dari 13 kecamatan dan 110 kelurahan/desa.

 

Dalam persiapan menjelang Pemilu, KPU Berau telah menyiapkan 807 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan di Berau.

"Dengan dominasinya Generasi Z, kami berharap mereka dapat berperan aktif dalam proses Pemilu nanti," pungkasnya. (Sep/Nad)