Logistik Pemilu di Kukar Mulai Didistribusikan

img

(Proses pengangkutan logistik pemilu/ pic: Tanty)

POSKOTAKALTIMNEWS, KUKAR- Jumat (9/2/2024), KPU Kukar mulai melakukan pendistribusian logistik pemilu ke kecamatan.

Ketua KPU Kukar Purnomo  mengatakan pendistribusian logistik pemilu  dilakukan untuk daerah dapil VI. “Pengiriman logistik dilakukan ke kecamatan Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, Kota Bangun, Kota Bangun Darat, Muara Wis, dan Muara Muntai,” ungkap Purnomo.

Logistik yang didistribusikan berisikan 432.620 surat suara ditambah 2 persen surat suara cadangan untuk 5 jenis surat suara, yaitu Pemilihan Presiden (Pilpres), DPD, DPR RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota. Diangkut 28 truk dengan pengawalan, rombongan akan berangkat ke Daerah Pemilihan (Dapil) VI yang memiliki 84.724 pemilih tetap. Dapil hulu ini sendiri mencakup kecamatan Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, Kota Bangun, Kota Bangun Darat, Muara Wis serta Muara Muntai.


“Kami penyelenggara pemilu akan terus mengontrol dan mengecek pendistribusian logistik dari KPU. Dan memang Dapil VI kita dulukan karena paling jauh,” ujarnya. 

Lanjut Purnomo, distribusi ini terus berlangsung hingga rampung satu hari sebelum pemungutan suara. Logistiknya sendiri akan diterima Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebelum diserahkan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), kemudian dijadwalkan Sabtu (besok-red) logistik ini akan diberangkatkan ke Dapil IV dan III, yang mencakup kawasan pesisir Kukar. Yakni Kecamatan Muara Badak, Anggana, Marangkayu, Sanga Sanga, Muara Jawa, Samboja Barat dan Samboja.

Purnomo juga menambahkan dalam pendistribusian logistik pemilu, hingga saat ini belum ditemukan kendala. Namun ia juga berharap cuaca tidak menghambat pendistribusian.

“Nanti H-1 logistik sudah di gudang PPK semua . Meski, logistik telah mendapat keamanan berlapis serta pengamanan. Kami tetap mengutamakan keamanan dan kelancaran distribusi logistik agar sampai ke TPS dengan kondisi baik” tutupnya.(*tan)