Dispar Kukar Siapkan Program Peningkatan SDM Bagi Pelaku Ekraf dan Industri Pariwisata

img

(Kabid Pemasaran pariwisata Dispar Kukar,Triyatma)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,KUKAR-Dinas Pariwisata Kukar sebagai salah satu OPD yang berperan penuh terhadap pengembangan pembangunan bidang kepariwisataan daerah terus berupaya untuk memaksimalkan program pengembangan, salah satunya adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) dan Industri Pariwisata. Bahkan program peningkatan SDM menjadi salah satu poin yang disampaikan saat Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) di beberapa kecamatan-kecamatan yang digelar Pemkab Kukar.

Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma kepada media ini  mengungkapkan Dispar Kukar dalam Musrenbang tersebut selain menyerap aspirasi dari kecamatan-kecamatan yang menyelenggarakan Musrenbang, pihaknya juga menginformasikan bahwa Dispar Kukar memiliki suatu kegiatan dan program yang melibatkan masyarakat.

“Kemarin di Kecamatan Muara Wis, Muara  Muntai dan Kota Bangun, kami Dispar menawarkan program, salah satunya program peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pelaku ekraf dan pelaku industri priwisata,” ungkap Triyatma, diruang kerjanya, Kamis (7/3/2024).

ia mengatakan, Dispar Kukar menawarkan program-program untuk peningkatkan SDM yaitu seperti sertifikasi pemandu wisata, sertifikasi penjamak makanan, dan sertifikasi photograpfi.

“Alhamdulillah program yang kami tawarkan kepada masyarakat diterima dan disambut dengan baik, Dispar Kukar memberikan program ini karena disanakan juga ada pelaku pelaku  industri priwisata dan ekraf, dan itu mempengaruhi pengembangan pariwisata karena itu perlu kita perhatikan,” ujarnya.

Ia menjelaskan terkait mekanisme  sertifikasi nantinya, Dispar Kukar akan bersurat ke pihak kecamatan  untuk meminta perwakilan orang yang akan mengikuti pelatihan program peningkatan SDM ini.

“Dengan catatan yang penting nanti dari kecamatan suratnya. Jadi kalo kita ingin meminta orang atau peserta untuk mengikuti pelatihan tentuny acamat setempat harus tau siapa orangnya.”jelasnya.

Peningkatan SDM ini nantinya tidak hanya melibatkan Pokdarwis tapi juga pelaku ekraf dan pelaku industri wisata ditiap-tiap kecamatan yang ada di Kukar. (adv/*tan)