Pokdarwis Dikmalestari Sediakan Wisata Susur Danau Semayang

img

(Suasana Pengunjung Wisata Danau Semayang, Kecamatan Kenohan/pic:Istimewa)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,KUKAR-Kenohan merupakan salah satu kecamatan yang terletak cukup jauh dari ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Meski secara geografis kecamatan tersebut jauh dari pusat ibukota kabupaten, tidak menyurutkan semangat warga setempat untuk melakukan pengembangan terhadap destinasi wisatanya.

Pemuda di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan yang tergabung dalam Pokdarwis Dikmalestari, tengah gencar mengenalkan potensi wisata Desa Semayang. Uniknya karakteristik yang unggul dari wisata Desa Semayang ini, yaitu desa ini berhadapan langsung dengan Danau Semayang.

Desa Semayang sendiri memiliki daya tarik yang unik, permukiman warga setempat rata-rata berada diatas permukaan air (mengapung) serta ditambah dengan pemandangan indah yang menghadap ke Danau Semayang.

Mariatul Husna selaku Ketua Pokdarwis Dikmalestari mengungkapkan pihaknya terus berinovasi menyiapkan pelayanan pariwisata bagi wisatawan yang berkunjung.

“Saat ini kami sediakan perahu bagi wisatawan yang ingin melihatnya, bernama susur Danau Semayang,” ungkap Husna kepada Poskota Kaltimnews,Rabu (17/4/2024).

Dirinya mengatakan wisata yang ditawarkan oleh Desa Semayang ini yaitu, wisatawan yang berkunjung dapat melihat matahari terbit dan terbenam di hamparan Danau Semayang.

“ Kami juga ada homestay namun penginapan tersebut belum dapat digunakan sepenuhnya. Sedangkan untuk biaya masuk akan dikenakan tarif sebesar Rp3 ribu rupiah per orangnya,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, untuk wisata di Danau Semayang ini pihaknya juga telah menyediakan paket wisata susur Mahakam dengan biaya per orangnya  sebesar Rp 20 ribu rupiah/orang dan setiap perahu akan diisi sebanyak 12 orang ada paket susur Mahakam.

Pokdarwis Dikmalestari juga menyediakan paket makanan khas Desa Semayang. Kearifan lokal ini terus didorong Pokdarwis Dikmalestari, sehingga bisa meningkatkan kunjungan dan memajukan ekonomi warga.

“Untuk pengunjung hampir setiap hari orang berdatangan untuk melihat indahnya Danau Semayang di desa kami, tapi untuk jumlahnya tidak pasti,” kata Husna.

“ Tapi di libur lebaran ini perharinya itu sekitar 500 pengunjung yang datang dan yang terbanyak datang itu dari luar.” Sambungnya.

Ketua Pokdarwis Dikmalestari ini mengatakan Pemkab Kukar selama ini juga telah menunjang wisata di Desa Semayang

“ Dari Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim kita dapat bantuan bangunan, dan dari Dispar Kukar dapat pelatihan. Semoga ini bisa membantu meningkatkan kunjungan dan pelayanan kami.” Tutup Husna. (adv/*tan)