Dispar Kukar Akan Berikan Sertifikasi Pemandu Wisata Bagi Pokdarwis

img

(Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar Ridha Fatrianta /pic:tanty)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,KUKAR-Tahun ini (2024-red), Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar akan menyiapkan program sertifikasi bagi para pemandu wisata yang tergabung di Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Hal ini guna memastikan para pengelola wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berkualitas dan berkompeten.

Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar Ridha Fatrianta mengungkapkan program sertifikasi ini ditujukan kepada Pokdarwis, pemberian sertifikat ini guna menunjang pariwisata Kukar, yang mana para pelaku wisata dapat memberikan pelayanan terbaik terhadap wisatawan yang berkunjung ke daerah tempat wisata masing-masing.

“ Prosesnya sendiri saat ini masih dalam tahap pendataan. Untuk mengetahui pemandu wisata dari Pokdarwis mana yang perlu diajukan mengikuti sertifikasi dari Badan Sertifikasi Nasional ini,” ungkap Ridha kepada Poskota Kaltimnews Selasa (16/4/2024) diruang kerjanya

“Ini nanti akan kami data dulu, tapi targetnya semua yang mengikuti adalah pokdarwis yang tersertifikasi.” Sambungnya

Ridha mengatakan tahun lalu Dispar Kukar, juga telah melakukan pelatihan bagi pemandu wisata. Dan di tahun ini, para pemandu wisata yang sudah mendapat pelatihan tersebut akan mendapatkan sertifikasi.

“Nantinya para pemandu wisata yang didata Dispar Kukar ini akan mengikuti ujian sebelum mendapatkan sertifikasi. Dan sejauh ini, ada 56 Pokdarwis yang terdata Dispar Kukar, namun tidak semuanya aktif,” katanya

Ridha menambahkan selain melakukan penjaringan melalui sertifikasi tersebut, Dispar Kukar juga akan terus melakukan pendampingan bagi Pokdarwis.

“Kami juga berharap dengan sertifikasi para pemandu wisata ini dapat membantu kami mengembangkan wisata Kukar. Karena kami sadar bahwa pengembangan pariwisata dari pemerintah itu perlu lebih banyakketerlibatan serta peran dari masyarakat.”tutupnya.(adv/*tan)