Selain Atlet, Dispora Kukar Juga Seleksi Pelatih Bersertifikasi

img

(Aji Ali Husni Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Kukar/pic:tanty)

POSKOTAKALTIMNEWS,KUKAR:Dinas Kepmudaan Dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar) telah menggelar seleksi Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD), seleksi tersebut digelar di Gedung Beladiri Komplek Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang. Pada pelaksanaan ini tidak hanya Atlet saja namun calon pelatih PPLPD nantinya juga turut di seleksi oleh Dispora Kukar.

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni mengungkapkan pihaknya melakukan seleksi calon pelatih PPLPD ini agar hasil yang diperiloh lebih maksimal. Sehingga dalam hal ini tidak hanya menjaring atlet yang berprestasi namun juga harus didukung oleh pelatih yang berkompeten.

“Dan yang menyeleksi pun dari provinsi jadi timnya dari Pengprov, ditambah akademisi olahraga, Dispora, dan tahun ini kami tambah penyeleksi dari psikologi dari aktivis olahraga.” ungkap Ali kepada Poskotakaltim belum lama ini

“Kami juga melibatkan psikologi karena arahan dari kementerian, sebab kita menaruh target tinggi kita bisa melihat nanti secara psikologi baik atlet maupun pelatih itu mampu tidak dia menerapkan apa yang menjadi panduan atau jadwal latihan, serta target yang diberikan.” sambungnya.

Ali mengatakan banyak hal secara psikologi yang harus didukung, oleh sebab itu tahun ini Dispora Kukar melibatkan tim psikologi yang ada di Kukar untuk proses penyeleksian atlet maupun pelatih PPLPD.

Ia juga menegaskan, ada beberapa syarat utama bagi para calon pelatih PPLPD ini. Yakni disebutkanya para pelatih harus memiliki sertifikat atau legalitas kepelatihan sebab hal itu merupakan kebutuhan, salah satunya saat mereka mendampingi atlet saat akan bertanding.

“Jadi sertifikat itu menjadi syarat utama. Agar yang mereka terapkan ke atlet seperti program latihan itu sesuai standar keolahragaan , supaya atlet tidak cidera dan tidak sakit karena tahapan yang mereka implementasikan ke atletnya nanti sudah sesuai standar keolahragaan.” Pungkasnya

Ia juga berharap melalui proses seleksi yang selektif dan profesionalisme ini, akan melahirkan atlet-atlet berprestasi, serta para pelatih yang berkompeten. Sebab dua unsur tersebut merupakan hal yang saling berkesinambungan. Dan tentunya dapat memenuhi target medali emas nasional untuk Kukar didunia olahraga. (adv/*tan)