Bapenda Eksis LakukanTerobosan Pelayanan Penerimaan PAD

Admin 02 Des 2019
img

Bependa Kaltim

SAMARINDA-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kaltim  terus eksis dan  berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan  terus melakukan terobosan dan inovasi untuk mempermudah pembayaran pajak, khususnya pajak kendaraan bermotor.

Kepala Bapenda Provinsi Kaltim Hj Ismiati mengatakan berbagai terobosan dilakukan  untuk  mempermudah pembayaran pajak daerah, yang terdiri dari lima komponen yaitu pajak  kendaraan bermotor, pajak bea balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan kendaraan bermotor, pajak air permukaan dan pajak rokok. Dan  khususnya  untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)  dengan turus membuka pelayanan-pelayanan baik di desa-desa sampai di wilayah perbatasan.

"Banyak pasilitas yang  telah dipersiapkan  untuk memudahkan masyarakat  membayar pajak,  seperti baru-baru  ini telah meresmikan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat)   penuh di Samarinda Seberang,  sebagai upaya dalam memudahkan masyarakat membayar PKBnya untuk 5 tahunan,” kata Ismianti.

Ditambahkan, dalam waktu dekat ini, juga akan meresmikan  Samsat  di Samboja, kemudian tahun 2020 mendatang, Bapenda  juga akan membangun  Samsat di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dan di Kabupaten  Kutai Kartanegara tepatnya di Kecamatan Tenggarong  Seberang. 

 " Upaya inovasi dan terobosan dalam memberikan kemudahan kepada wajib pajak, sehingga diharapkan masyarakat semakin mudah dalam membayar pajak, khususnya PKBnya,”tandasnya. 

Sebelumnya, lanjut Ismiati, Bapenda Kaltim    telah bekerjsama  dengan  BanKaltimtara , dimana ada pelayanan bank disitu juga bisa dilakukan  pebayaran  PKB,  khusunsya di daerah-daerah terpencil sampai daerah perbatasan, dimana ada layanan Bank Kaltimtara, kita mencoba membuka layanan (Samsat) Payment Point, bukan bankaltimtra serta bebera  pihak perbankan lainnya, termasuk kerjasama  Kantor pos,    dalam rangka untuk memberikan kemudahan masyarakat untuk membayar PKB.

“ Pada intinya,  inovasi dan terobosan yang kita lakukan tidak lain untuk memudahkan dan mendekatkan  pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa termotivasi untuk membayar pajak kendarannya,  dan  itu kita harapkan dapat berimbas pada  peningkatan pendapatan  kita,” tegas  Ismiati.(mar/poskotakaltimnews.com)

Admin
RELATED POST