Gubernur: Seni dan Budaya Harus Dikembangkan

img

BALIKPAPAN-Gubernur Kaltim H Isran Noor mengatakan yang namannya seni dan budaya harus dikembangkan, baik seni budaya lokal maupun seni budaya nusantara, karena seni dan budaya konsumsinya seluruh masyarakat dan tidak mengenal umur, tua dan muda.

"Seni budaya adalah merupakan kebutuhan masyarakat, dan itu sangat bagus apabila di kembangkan secara apik dan  dikemas  lebih bagus lagi, akan menjadi agenda-agenda lebih besar, seperti Balikpapan Manuntung Art Festival yang baru di Samarinda dan Balikpapan, kalau bisa dibuat agenda se nusantara," kata Isran Noor usai membuka Balikpapan Manuntung Art Festival dan Begenjoh 2 Kalimantan Timur tahun 2019, yang digelar di BSCC Dome Balikpapan, Jumat (27/12/2019).

Untuk kegiatan Manuntung Art Festival, lanjut Isran Noor Isran Noor mengharapkan Balikpapan Manuntung Art  Festival dan Begenjoh 2 Kalimantan Timur tahun 2019 bisa menjadi momentum untuk terus menjaga dan melestatikan seni budaya di Kaltim.

"Marilah kita jadikan kegiatan Balikpapan Manuntung Art Festival ini sebagai hal yang penting untuk menjaga dan melestrikan  berbagai seni dan  budaya yang kita miliki," tandasnya.

Isran Noor juga mengharapkan seni dan budaya yang ada di Kaltim tetap eksis, dan bisa berbaur bersama seni dan budaya lain yang ada di tanah air. Berbaur dan berkolaborasi menjadi wujud Indonesia sejati, yang kokoh dalam menjaga bingkai NKRI.

Ditambahkan, di era globalisasi saat ini, teknologi terus berkembang memacu peradaban manusia yang semakin terus berubah. Tidak hanya perkembangan dari bidang teknologi tetapi juga berkembang dari bidang budaya.

"Oleh sebab itu,  kebudayaan itu sangat penting, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang berbudaya, mari kita kita tetap menjaga dan melestarikan seni dan kebudayaan yang kita miliki, jangan sampai tergerus dari masuknya kebudayaan asing," tegas Isran Noor.

Tampak hadir Walikota Balikpapan  H Rizal Efendi,Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Muktiono.
Pangdam VI/Mulawarman saat ini adalah Mayor Jenderal TNI Subiyanto. Ketua DPRD Kota Balikpapan H Abdulloh, Forkopimda Kaltim dan Kota Balikpapan,  Ketua Dewan Kesenian Kaltim Syafril Teha Noer.

Ketua Dewan Kesenian Balikpapan H Karmin Laonggeng beserta jajarannya, para seniman, serta undangan lainnya.(mar/poskotakaltimnews.com)