PLN Diminta Segera Bangun Transmisi ke Gardu Induk Kota Bangun

img

TENGGARONG, Ketua DPRD Kukar Salehudin SSos, SFil didampingi Ketua Komisi I, Camat Tenggarong, Camat Sebulu, Camat Kota Bangun, Camat Muara Muntai dan Camat Muara Wis, Selasa (7/3) lalu secara khusus mendatangi kantor PT PLN Kanwil Kaltim di Balikpapan.

Kedatangannya tersebut terkait dengan kondisi jaringan listrik di wilayah Kota Bangun, yang sampai sekarang belum kunjung terkoneksi.

“Kunjungan ini dimaksudkan untuk kordinasi dengan PLN terkait masalah kelistrikan di Kukar. Gardu induk di Kecamatan Kota Bangun sudah selesai dibangun tahun lalu, hanya saja belum ada jaringan transmisi menuju gardu induk tersebut, sehingga gardu induk tersebut belum bisa dimanfaatkan. Ini sangat penting dilakukan karena dengan terhubungya sistem mahakam ke gardu induk kota bangun, akan membantu mengatasi persoalan kekurangan daya di daerah hulu mahakam dan mampu meningkatkan rasio elektrifikasi di Kukar,” ungkap Salehudin, yang merupakan politikus Partai Golkar Kukar ini.

Salehudin meminta agar transmisi saluran udara tegangan tinggi (SUTT) dari sistem Mahakam segera terhubung ke gardu induk Kota Bangun.

“Jangan sampai Kukar yang punya pembangkit (pltg senipah, red), tetapi warga Kukar tidak menikmati litriknya,” imbuh saleh.

Sementara itu Pribadi, Deputi Manager Perencanaan Sistem Kelistrikan PLN Kaltim-Kaltara, menegaskan belum bisa memastikan kapan pembangunan jaringan trasmisi SUTT ke gardu induk Kota Bangun. Saat ini kata Pribadi, APBN sedang defisit sehingga menghambat proses pembangunan tower tersebut.

“Kita tidak defisit listrik karena pembangkit kita banyak, hanya ada masalah di transmisi dan gardu induk agar pasokan listrik ke masyarakat tetap terpenuhi. Kami akan terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, hanya saja memang masih perlu bersabar,” ujar prihadi.(awi-poskotakaltimnews.com)