RSUD Kudungga Tetap Terapkan Standar Operasional Prosedur

img

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Kudungga Sangatta, Anik Istiyandari

SANGATTA -  Direktur Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Kudungga Sangatta, Anik Istiyandari mengatakan, bahwa RSUD Kudungga Sangatta tetap menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) guna menantisipasi jika ada pasien yang datang ke RSUD Kudungga dan terindikasi kuat tertular atau suspect Virus Corona.

Lebih jauh Anik Istiyandari mengungkapkan, bahwa pihaknya melengkapi dengan pola peralatan aman, mengurangi kontak langsung antara tenaga medis dengan pasien yang diduga kuat suspect  virus corona guna mengurangi penularan, dan pastinya jika memang ada pasien yang diduga kuat tertular, sebagaimana SOP yang ada akan langsung dirujuk ke rumah sakit rujukan.

"Meski  tidak termasuk dalam rumah sakit rujukan, namun RSUD Kudungga tetap menerapkan standar pelayanan sesuai SOP layanan dan tenaga medis, dalam penanganan pasien suspek corona," ungkapnya saat di wawancarai Senin ( 9/3/2020).

RSUD Kudungga juga dibantu oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sangatta, dimana kantor tersebut juga memiliki peralatan yang memadai seperti adanya penyediaan baju pelindung khusuis penanganan pasien pengidap virus. Sebagaimana yang dilihat oleh masyarakat di televisi dan media online lainnya, saat petugas menangani kedatangan mahasiswa-mahasiswi dari Wuhan China beberapa waktu lalu.(nd)