Tambah 2, Total Pasien Positif Corona di Kukar jadi 41

img

(Edi Damansyah)

 

TENGGARONG, Pasien positif Corona di Kutai Kartanegara bertambah 2 lagi pada hari ini (Sabtu 16/5/2020), dengan demikian jumlah pasien positif secara kesulurahan capai 41 orang, terdiri 35 orang sedang menjalani perawatan dan 6 kasus sembuh.

“Sabtu, 16 Mei 2020 saya sampaikan adanya penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kutai Kartanegara. Jumlah yang akan saya umumkan ini sebanyak 2 (dua) kasus terkonfirmasi positif dan 3 (tiga) kasus sembuh.” Papar Edi Damansyah, Bupati Kutai Kartanegara saat press conference, Sabtu (16/5/2020) malam.

Data pasien positif itu kata Edi Damansyah adalah KK-40, jenis kelamin laki-laki, usia 59 tahun dari kecamatan Kembang Janggut. Riwayat perjalanan dari Gowa tanggal 24 Maret 2020 dengan penyakit penyerta paru-paru.  Dan kedua adalah KK-41, jenis kelamin laki-laki, usia 40 tahun dari Kecamatan Muara Jawa dengan keluhan batuk dan nyeri tenggorokan. Riwayat perjalanan dari Balikpapan pada akhir April 2020.

“ Terhadap pasien yang terkonfirmasi positif ini, semuanya sedang menjalani masa isolasi di Wisma Atlet sejak ditemukan rapid test reaktif dan sekarang dalam keadaan stabil. Kembali lagi saya sampaikan bahwa kasus terkonfirmasi positif pada hari ini memiliki riwayat perjalanan,”papar Edi Damansyah.

Edi Damansyah juga menyampaikan kabar baik, adanya pasien sembuh dari Corona, yakni berjumlah 3 pasien.

Ketiga pasien tersebut adalah KK-7, usia 40 tahun, jenis kelamin laki-laki, dari Kecamatan Tenggarong. Dinyatakan sembuh setelah terkonfirmasi swab negatif selama 2 kali berturutturut. KK-7 merupakan pelaku perjalanan dari Gowa dan telah menjalani masa perawatan dan isolasi selama 24 hari.

“Kemudian yang kedua adalah KK-10, usia 18 tahun, jenis kelamin laki-laki, dari Kecamatan Tenggarong. Dinyatakan sembuh setelah terkonfirmasi swab negatif selama 2 kali berturutturut. KK-10 merupakan pelaku perjalanan dari Gowa dan telah menjalani masa perawatan dan isolasi selama 24 hari,”ungkapnya.

Dan pasien sembuh ketiga adalah KK-26, usia 22 tahun, jenis kelamin laki-laki, dari Kecamatan Loa Janan, masuk RS Karantina Bapelkes sejak tanggal 6 Mei 2020. Dinyatakan sembuh setelah terkonfirmasi swab negatif selama 2 kali berturutturut. KK-26 telah menjalani masa perawatan dan isolasi selama 10 hari.

“Saya ucapkan selamat kepada semua pasien dan keluarga atas kesembuhannya. Tetap lakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke depan, dan menjadi contoh bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya dalam upaya pencegahan COVID-19, melalui penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ,selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan, menjaga jarak fisik, dan selalu menggunakan masker jika bersama orang lain.” Tuturnya.awi