Pembangunan Harus Berjalan, Dewan Sarankan OPD Laksanakan Kegiatan Prioritas

img

(Alif Turiadi, Wakil Ketua DPRD Kukar)

 


TENGGARONG, Kegiatan pembangunan yang masuk dalam APBD 2020 Kukar, di  sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum berjalan, termasuk di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar. Dinas tersebut masih menunggu keputusan dari TAPD (Tim Anggaran Perangkat Daerah) terkait dengan rasionalisasi terhadap pelaksanaan anggaran di 2020 ini.

“Kami belum bisa menjalankan kegiatan, hanya belanja rutin saja, kalau proyek proyek belum bisa kita laksanakan karena belum ada kepastian berapa nilai pemangkasan APBD untuk Disdik Kukar di murni 2020 ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kukar Ikhsanuddin Noor kepada Poskotakaltim belum lama ini.

Menyingkapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Kutai Kartanegara Alif Turiadi menyarankan kepada seluruh OPD di Kukar untuk bisa menjalankan agenda kegiatan program yang sudah masuk dalam APBD Kukar.

“Jika terdapat adanya rasionalisasi anggaran maka kegiatan kegiatan pembangunan yang masuk di OPD itu dijalankan dengan mengedepankan skala prioritas,” kata Alif Turiadi.

Dalam penanganan Covid-19 menurut Alif sudah jelas adanya refocusing kegiatan, realokasi anggaran serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 itu tak lebih dari 35 persen, artinya pelaksaaan pembangunan selebihnya seharusnya tidak terganggu.

“Kegiatan kegiatan di OPD sebenarnya tidak berpengaruh.kalaupun mengantisipasi tidak adanya ketercukupan anggaran, maka harusnya OPD menjalankan kegiatan prioritas, sehingga pembangunan berjalan di Kukar,” paparnya.(awi/adv)