Posko Covid-19 Melak Ilir Diperketat, 48 Pelaku Perjalanan Disuruh Kembali

img

TUGAS PIKET - Tampak Kapolsek Melak AKP Toni Joko Purnomo SH, Sekretaris  Satpol  PP Kubar  Yustinus Giri SP MM, para personel  Polres, Kodim 0912/KBR,  Satpol PP, serta Tim Kesehatan, Covid-19 di Posko Ceck Point Melak Ilir, Minggu 14 Juni 2020. (Foto : Imran/Poskota Kaltim).

 

SENDAWAR –    Kepolisian Sektor (Polsek)  Melak, Polres Kutai Barat, bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur, masih terus memperketat pengawasan terhadap Pelaku Perjalanan. 

Pada Minggu ((14/6/2020) malam, sebanyak 48 orang (rombongan) yang mengaku karyawan salah satu perusahaan perkebunan sawit di Kubar, digagalkan perjalanannya oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 di Posko Ceck Point  di Kelurahan Melak Ilir, Kecamatan Melak.

“Rombongan berjumlah 48 orang mengaku dari PT KAL di Kampung Lendiyan Liang Nayuq, Kecamatan Siluq Ngurai. Masuk ke Melak saat malam hari maka dicurigai,” jelas Kapolres Kutai Barat, AKBP Roy Satya Putra SIK MH melalui Kapolsek Melak, AKP Toni Joko Purnomo SH kepada Poskota Kaltim, kemarin.

Ditambahkan AKP Toni Joko Purnomo, setelah diinterogasi, dari jumlah 48 orang pelaku perjalanan itu, ada 6 orang dari Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara. Tujuan perjalanan ke perusahaan perkebunan sawit PT KAM di Kecamatan Mook Manar Bulatn.

“48 orang tersebut langsung kami arahkan untuk kembali ke Siluq Ngurai, tempat asal mereka berangkat dari PT KAL. Karena pada saat itu semuanya tidak memiliki surat kesehatan (rapid test),” jelas  AKP Toni.

Dia mengimbau kepada para pelaku perjalanan, agar melengkapi persyaratan untuk perjalanan. Salah satunya adalah Surat Kesehatan (rapid test) yang dikeluarkan rumah sakit.

“Setiap kendaraan yang naik dan turun diperiksa di Melak Ilir. Yang ditahan identitas dari luar daerah, diarahkan untuk Rapid Test,” urainya.“Sebelumnya, di Posko Covid-19 Kelurahan Melak Ilir sudah ada 10 orang identitas berasal dari Makassar ditahan dan disuruh kembali,” tandasnya. 

Informasi yang dihimpun Poskota Kaltim, sebelumnya beredar isu bahwa  rombongan yang berjumlah 48 orang tersebut tujuannya ke PT KAM di Kecamatan Mook Manar Bulatn. Berangkat dari Kota Bangun, tidak melewati pos pemeriksaan Covid-19 di Kampung Jambuk, Kecamatan Bongan. Tetapi melintasi ‘Jalan Tikus’ di kawasan Desa Perian menuju Kampung Jambuk.

Untuk diketahui, petugas piket di ceck point Posko Covid-19 Melak Ilir terdiri dari personel  Polres Kubar, Kodim 0912/KBR, Satpol PP, serta kecamatan.(imn)