SDN 018 Tenggarong Sulap Sampah jadi Kerajinan Bermanfaat

img

TENGGARONG, Demi terus meningkatkan dan menanamkan kecintaan peserta didik terhadap lingkungan hidup yang bersih serta pola hidup sehat, SDN 018 Tenggarong membangun Bank Sampah Sekolah (BSS).

Hal ini disampakan Saida Hafina, S.Pd, Kelapa SDN 018 Tenggarong, kepada Poskota Kaltim ,diruang kerjanya Selasa (21/3/2017) pagi.

“BSS ini di bangung selain untuk mengajarkan pesertra didik akan kecintaan terhadap lingkungan juga untuk menggali bakat dan kreatifitas mereka dalam berkarya membuat kerajinan dari barang bekas” katanya.

Ditambah Saida,SDN 018 Tenggarong memiliki jadwal rutin untuk membersihkah sampah di kawasan sekolah yang mana seluruh peserta didik terlibat didalamnya, agar lebih melekat lagi dan mendarah daging kepada anak akan kepedulian mereka terhadap lingkungan dimanapu mereka berada.

“Sampah-sampah yang kami kumpulkan itu akan kami bawa kesekolah dan akan kami masukan kedalam Bank Sampah Sekolah untuk di pilah, sesuai peruntukannya” paparnya.

Setelah sampah-sampah terpilah kata Saida, barulah sampah-sampah itu di manfaankan seperti, dibuat kerajinan gelas plastik, bungkus makanan dan minuman, dan daun kering. Selain mengumpulkan sampah yang ada di sekitar lingkungan sekolah peserta didik juga di wajibkan membawa sampah dari rumah mereka masing-masing, satu orang satu sampah bisa juga lebih masimal lima sampah per satu orang peserta didik.

“Peserta didik kami sudah banyak membuat kerajinan dari daur ulang sampah seperti tempat gelas, taplak meja, bungga, keranjang, dan masih banyak yang lainnya. Selain untuk di manfaatkan di sekolah kami juga menjual hasil kerajinan mereka dalam even-even pendidikan. Bahkan kami biasa membuka pameran hasil daur ulang sampah kerja peserta didik SDN 018 Tenggrong” pungkasnya.(aji-poskotakaltimnews.com)