Orang Tua Sebagai Guru Multifungsi yang Luar Biasa

img

Oleh: Agus Syaiful, S.Pd


SEMENJAK adanya wabah pandemi Virus Covid-19  diberbagai belahan dunia pada tahun 2019, secara otomatis berpengaruh besar terhadap semua sektor pemerintahan, ekonomi, dan sosial.

Pemerintah di berbagai Negara di Dunia termasuk Negara kita Indonesia harus memutar otak dan merencanakan kembali program – program yang telah dibuat dengan matang  sebelum adanya Covid 19 tersebut, merubah dan memodifikasi lagi kebijakan kebijakan yang telah disepakati sebelumnya.

Bagaimana dengan kondisi Rakyat  ???

Sudah pasti mereka lah yang  sangat merasakan dampak dari pandemi Covid 19 , sektor ekonomi yang sangat dirasakan oleh mereka. Para orang tua yang bekerja untuk kebutuhan keluarga juga sangat merasakan dampak ini, di sisi lain para orang tua juga menjadi Guru Dadakan, setelah Pemerintah memberi anjuran kepada dunia pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran di rumah.

Mau tidak mau para orang tua yang tadinya hanya sibuk mencari nafkah untuk keluarga mereka ,sekarang juga ikut menjadi guru di rumah setelah pulang dari mencari nafkah.para orang tua juga selain mengajarkan hal – hal biasa sehari hari juga sekarang dituntut untuk membantu anak anak mereka melakukan tugas sekolah yang diberikan oleh para guru selama masa Pandemi .

Masalah lain juga muncul pada saat para Orang tua yang banyak tidak terlalu mahir menguasai IPTEK terutama dalam hal pembelajaran Online dipaksa anak anak mereka untuk membantu mengerjakan tugas dari sekolah. Masalah lain juga dirasakan para orang tua yang memiliki penghasilan tidak terlalu banyak untuk kehidupan sehari hari ditambah lagi dengan kebutuhan paket internet dan lain lain demi membantu tugas sekolah yang harus dikerjakan oleh anak mereka.

Masa Pandemi Covid-19 sekarang, para orang tua menjadi Guru Multifungsi yang dituntut harus lebih bisa membantu anak anak mereka dalam hal mengajarkan banyak hal di sertai menggantikan sementara fungsi guru yang biasa dilakukan di sekolah seperti mengerjakan tugas,menjawab pertanyaan,bahkan membantu mencari solusi  terhadap permasalahan anak anak mereka selama belajar di rumah.

Kepada para Orang tua di rumah,  tetaplah semangat dan berdoa semoga kita semua terhindar dari dampak buruk Pandemi ini dan bisa kembali seperti kondisi sebelumnya dimana anak anak kita belajar di sekolah dengan bimbingan Bapak / Ibu guru mereka dan para  orang tua dapat sedikit fokus mencari nafkah untuk keluarga.selain para Guru, Para Orang Tua adalah “Guru Multifungsi yang Luar Biasa”

(Penulis Adalah Guru sekolah MAN di Kecamatan Kota Bangun-Kutai Kartanegara)