Gubernur Resmikan Samsat Pembantu "Paten", Mendekatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

img

(Peresmian Samsat Pembantu di Kecamatan Batu Engau) 

PASER-Mendekatkan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak adalah tujuan utama dari setiap pembangunan fasilitas Samsat di wilayah Kalimantan Timur.

Demikian diungkapkan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor saat meresmikan Samsat Pembantu "Paten" di Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, Rabu (27/01). Turut dihadiri Wakil Bupati Paser H Kaharudin, Asisten Administrasi Umum Setda Prov Kaltim Fathul Halim, Dandim 0904/TNG Letkol Czi Widya Wijanarko, perwakilan Ditlantas Polda Kaltim dan Jasa Raharja Kaltim.

"Keberadaan daripada fasilitas ini, tujuan yang pertama adalah mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang memiliki tanggung jawab menyelesaikan tugas-tugasnya bagi nusa dan bangsa, terutama dalam membayar pajak. Kemudian, untuk meningkatkan PAD, biaya pembangunan, serta bagaimana masyarakat merasa mudah dalam membayar pajak," kata Gubernur Isran Noor.

Isran Noor berharap setelah diresmikannya Samsat Pembantu Pelayanan Administrasi Terpadu (Paten) di Kecamatan Batu Engau ini, bahkan telah lebih dulu dilaksanakan fungsinya, sehingga masyarakat bisa dengan mudah membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Dan terpenting kesadaran masyarakat bisa semakin meningkat dalam membayar pajak.

"Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekitar wilayah Batu Engau ini, serta Kabupaten Paser, terutama dalam meningkatkan PAD, menumbuhkan perekonomian dan membantu mendorong pembangunan di kabupaten," harapnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim Hj Ismiati melaporkan Samsat Pembantu Paten di Batu Engau menjadi Samsat kelima yang beroperasi di Kabupaten Paser. Diantaranya sudah ada Samsat Induk Paser di Tanah Grogot, Samsat Penuh di Long Ikis dan Samsat Payment Point di Muara Komam.

"Kita ingin mempermudah dan memperlancar layanan pembayaran PKB di wilayah Kabupaten Paser terutama di 13 Desa di Kecamatan Batu Engau dan 3 Desa di Kecamatan Tanjung Harapan. Saat ini di Kecamatan Batu Engau ini tercatat penduduknya kurang lebih 20.047 jiwa, dengan potensi kendaraan bermotor sebanyak 11.366 unit kendaraan bermotor," jelas Ismiati. (mar/poskotakaltimnews.com).