PA Tenggarong Gelar Sidang di Luar Gedung Pengadilan

img

(Faidil Anwar, Panitera Hukum Muda PA Tenggarong)

TENGGARONG, Pengadilan Agama Tenggarong selama 2020 telah melakukan sidang di luar gedung sebanyak 10 kali.

Panitera Hukum Muda PA Tenggarong Faidil Anwar mengatakan, sidang di luar gedung dilakukan, dimana ada beberapa wilayah Kecamatan yang di datangi yaitu, Kecamatan Samboja, Muara Badak, Muara Jawa, Kota Bangun, Anggana.

"Perkara yang di daftarkan pada 2020 untuk sidang di luar gedung ada 221 perkara, dimana perkara tersebut yaitu sidang Isbat Nikah, sidang di luar gedung ini di lakukan untuk mempermudah masyarakat Kukar yang jaraknya terlalu jauh dari Pengadilan Agama Tenggarong" Kata Faidil kepada poskotakaltimnews, Rabu (27/1/2021).

Ia menambahkan, sidang di luar gedung ini bisa menghemat biaya dari pada harus mendatangi atau mendaftar di Pengadilan Agama Tenggarong.

"Untuk sidang di luar gedung ini kami turun mendatangi masyarakat yang sudah siap, baik itu isbat nikah, dispensasi nikah, maupun yang lainnya, untuk perkara lainnya memang bisa, namun tidak bisa cepat, kebanyakan yang kami terima perkara permohonan seperti Isbat Nikah dan dispensasi nikah" ucapnya.

Lanjut dia, untuk 2021 pihaknya juga akan melaksanakan sidang di luar gedung, dimana Pengadilan Agama Tenggarong akan mendatangi Kecamatan Muara Badak dan Marang Kayu yang saat ini sudah siap.

"Untuk selanjutnya kami masih menunggu laporan yang sudah siap, maka dari itu kami berkoordinasi dengan Kecamatan Kecamatan atau KUA di wilayah masing masing" Katanya.(*riz/poskotakaltimnews.com)