Kukar Lakukan Persiapan Pembelajaran Tatap Muka

img

(Tulus Sutopo)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) akan melakukan persiapan Pembelajaraan Tatap Muka (PTM). Persiapan perlu dilakukan mengingat Kukar masih masuk zona merah.

Ketua Satgas Covid-19 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Tulus Sutopo mengatakan, saat ini masih merencanakan sekolah mana saja yang akan melaksanakan PTM, rencananya ada 30 SMP, dan 60 SD.

"Ketentuan sekolah yang akan melaksanakan PTM harus sesuai dengan standar Covid-19, dengan mengatur jumlah siswa di dalam ruangan, otomatis hal itu ada pembagian jam masuk sekolah, seperti tingkat SD kelas 1, 2, 3 itu masuk hari Senin sampai Rabu, yang kelas 4, 5, 6 masuk di hari Kamis, Jum'at, Sabtu" kata Tulus Sutopo kepada poskotakaltimnews, di Tenggarong, Rabu (31/3/2021).

Ia menambahkan, mekanisme PTM yaitu dari tingkat SMA, SMP, SD, dan sekolah yang akan melaksanakan PTM itu, para guru harus di vaksin Covid-19,  intinya para guru harus di vaksin, kemudian jenjang SMA terlebih dahulu hingga jenjang bawah.

Dalam pelaksanaan PTM tidak bisa semua sekolah serentak melaksanakan PTM, setiap jenjang pendidikan ada temponya untuk melaksanakan PTM, "Dimulai dari SMA sudah berlangsung satu bulan, kemudian disusul jenjang SMP, dan seterusnya" tuturnya.

Proses pembelajaran ditengah pandemi covid-19 itu tidak diwajibkan tuntas belajar, yang penting bagaimana bisa membangun budaya belajar, budaya belajar tidak harus di kelas, jika memungkinkan PTM keadaannya harus terbatas.(*riz)