Waspada Bencana Tanah Longsor

img

(foto bersama disela sela kegiatan simulasi)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,SAMARINDA-Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim Yudha Pranoto mengingatkan masyarakat yang bermukim di daerah tinggi untuk selalu waspada terhadap bencana tanah longsor.

Selain itu, setiap daerah melalui BPBD setempat, masyarakat dan relawan hendaknya juga rutin melakukan simulasi penanganan bencana tanah longsor bagi masyarakat yang bermukim di daerah-daerah tinggi dan berpotensi longsor saat terjadi curah hujan tinggi.

"Kewaspadaan terhadap bencana tanah  longsor ini sangat penting. Agar semua saling mengingatkan, termasuk para relawan saat terjadi hujan deras dan curah hujan yang tinggi," kata Yudha, Kamis (1/4/2021).

Simulasi penanganan tanah longsor sebelumnya dilakukan jajaran BPBD Kota Balikpapan di Kelurahan Prapatan. Lokasi ini dipilih lantaran daerahnya yang termasuk daerah tinggi dan berpotensi longsor. Simulasi ini merupakan bagian dari Rapat Penyusunan Dokumen Rencana Kontijensi Longsor Kota Balikpapan Tahun 2021.

Mewakili Gubernur Kaltim, Yudha Pranoto mengapresiasi jajaran BPBD Kota Balikpapan dan relawan setempat yang meski masih pandemi Covid-19, tetap menggelar simulasi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Yudha, simulasi ini sekaligus sebagai tindak lanjut dari Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Tingkat Kaltim di Makodam VI Mulawarman yang juga dihadiri Gubernur Kaltim H Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, 22 Maret lalu.

"Semoga dengan simulasi yang rutin dilaksanakan, kewaspadaan kita akan lebih baik. Semoga bencana tidak terjadi, dan kalaupun terjadi, kita sudah siap dengan standar penanganan yang  semestinya," papar Yudha. (mar)