Dua Pelaku Pencuri HT di Tenggarong Diringkus Polisi

img

(Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting didampingi Kasat Reskrim AKP Herman Sopyan saat riliese, Selasa 8 Juni 2021)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, TENGGARONG- Dua warga Loa Kulu diamankan Tim Aligator Satresktim Polres Kukar, karena telah melakukan pencurian HT Rig yang berada di dalam mobil.

Pelaku tersebut berinisial AH (34) dan MS (33) ditangkap di Gunung Sentul RT 34 Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong.

Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting didampingi Kasat Reskrim AKP Herman Sopyan mengatakan, pelaku dalam melakukan aksinya dengan cara mencongkel dan memecahkan pintu kaca mobil di bagian kiri (bagian penumpang).

"Awal mulanya pada tanggal 3 Juni 2021 sekitar pukul 00.15 wita pelaku sedang berjalan berkeliling mencari sasaran di sekitar Tenggarong menggunakan sepeda motor" kata Irwan Masulin Ginting kepada media, di Polres Kukar, Selasa (8/6/2021).

Sekitar pukul 01.20, pelaku menemukan sasaran yaitu sebuah mobil mini bus Isuzu ELF KT 7555 FDA milik PT Mandiri Jaya Putra, mobil tersebut berada di halaman rumah Arifin Jalan Gunung Sentul.

Keduanya memutuskan bahwa sasarannya adalah mobil tersebut, kemudian pelaku memecahkan kaca mobil di bagian pintu sebelah kiri dan melakukan aksi pencurian.

Kepada polisi, pelaku mengaku bahwa sudah melakukan aksinya sebanyak lima kali, untuk yang pertama melakukan aksinya di Jalan Wolter Monginsidi KM 5, di Desa Rempanga, Jalan MT Haryono Loa Kulu, Kelurahan Jahab, Jalan Gunung Sentul.

Barang bukti yang diamankan yaitu, 1 obeng warna silver kuning, 1 senter, 1 sepeda motor mio, 1 mobil Isuzu ELF beserta STNK dan kunci kontaknya.

Keduanya dikenakan Pasal 365 KUHP (1) jo Pasal 53 (1) KUHP atau Pasal 406 tentang tindak pidana percobaan pencurian dan pengerusakan, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

"Saya menghimbau kepada masyarakat, masyarakat diminta untuk memarkirkan kendaraannya pada tempatnya, dan lebih waspada agar kejadian ini tidak terulang kembali" ucapnya.(*riz)