Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong Sembelih 11 Ekor Hewan Kurban

img

(Hewan kurban yang disudah disembelih kemudian dipotong potong di Masjid Al Mujahidin Perumahan Tambak Rel Tenggarong, selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat setempat.)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,TENGGARONG- Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong pada perayaan Idul Adha 1442 H tahun ini menyembelih 11 hewan kurban, terdiri 7 ekor sapi dan 4 ekor kambing, Selasa (20/7/2021).

Ketua Pengurus Masjid Agung Sultan Sulaiman H Juremi mengatakan, hewan kurban yang disembelih berasal dari masyarakat.

"Selain dari masyarakat, ada 1 ekor sapi dari pemerintah daerah yang diserahkan ke Masjid ini, jadi totalnya ada 7 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang dipotong" kata H Juremi saat ditemui wartawan Poskotakaltimnews, di Masjid Agung, Selasa (20/7/2021) siang.

Dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban, dibantu dengan Ikatan Remaja Masjid Agung (IRMA) dan panitia Kurban, agar pelaksanaan kurban bisa berjalan dengan lancar.

"Jadi tidak, kualahan atau bingung, ada yang bagian motong motong, dan bagian nimbang" tuturnya.

Ia mengatakan, daging kurban yang sudah ditimbang segera didistribusikan kepada masyarakat, pendistribusian daging kurban dengan cara mendatangi setiap rumah masyarakat (door to door).

"Daging kurban ditimbang dengan berat sama rata, kemudian kita berikan kepada masyarakat yang berhak, disalurkan dengan benar" ucapnya.

Pendistribusian daging kurban dengan cara door to door dilakukan, agar tidak terjadi kerumunan masyarakat di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong. Sebelum adanya Covid-19, pembagian daging kurban dilakukan dengan memberikan kupon dan masyarakat yang datang ke Masjid Agung.

"Harapan kami, daging kurban ini menjadi berkah bagi yang memberi dan yang menerimanya, hanya Allah SWT yang membalas kebaikan kita semua" tutupnya.

Sementara itu di Masjid perumahan Tambak Rel Kelurahan Baru Tenggarong yakni masjid Al Mujahidin, pada perayaan Idul Adha tahun ini menyembelih sebanyak enam ekor sapi dan dua ekor kambing.

Penyembelihan hewan kurban yang dilakukan panitia penyembelihan hewan kurban tersebut dilakukan setelah selesai sholat Idul Adha.

Setelah disembelih dan dipotong potong, daging kurban selanjutnya dibagikan ke warga setempat.(*riz/adv)