Momentum Hari Raya Idul Adha 1442 H,Ketaqwaan Nabi Ibrahim Wajib Dicontoh

img

(Plh Sekdaprov Kaltim Dr HM Jauhar Efendi)

Tiba malam baca Al Qur’an Karim,

Tenangkan hati nyamankan badan.

Tiba Idul Adha ingat Nabi Ibrahim,

Pengorbanannya contoh teladan”.

“Ke Masjid memakai kain Sorban

Tampak bahagia wajah berseri-seri.

Hikmah Idul Adha adalah berkorban,

Amalkan dalam hidup sehari-hari”.

Itulah dua bait pantun pembuka sambutan Gubernur Kaltim H Isran Noor yang dibacakan Plh Sekdaprov Kaltim Dr HM Jauhar Efendi sebelum pelaksanaan shat Idul Adha 1442 H/2021 M, yang dilaksanakan di Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Kaltim, Selasa (20/7/2021).

Di pagi hari yang penuh berkah ini, lanjut Jauhar umat muslim di seluruh dunia,  khususnya di Kaltim dan Samarinda, masih diberikan rahmat dan karunia yang sangat besar  dari Allah SWT, yakni berjumpa kembali dengan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Haji 10 Dzulhijjah 1442 Hijriah.

"Kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena kita semua masih dapat berhari-raya dengan baik, meskipun dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19 dan adanya PPKM Diperketat dan PPKM Darurat serta adanya penyekatan untuk menghindari penyebaran

virus Corona," kata Jauhar Efendi dihadapan  jemaah shalat Idul Adha dengan tetap melaksanakan prokes.

Terkait adanya kebijakan pemerintah tersebut,  sedikit-banyaknya dapat memberatkan masyarakat. Akan tetapi tujuannya tidak lain adalah untuk kebaikan masyarakat, dengan harapan    kepatuhan  menjalankan Protokol Kesehatan, Covid-19 cepat berlalu di Kaltim.

"Momentum Idul Adha  mengingatkan pentingnya keimanan dan ketaqwaan seperti yang di contohkan Nabi Ibrahim AS. Melalui hari Raya Idul Adha, kita mendapatkan hikmah dan pelajaran dari Nabi Ibrahim AS Istrinya Siti Hajar dan putranya Nabi Ismail AS. Antara lain yaitu adanya pengorbanan yang sangat berat namun sangat mulia dalam pandangan Allah SWT," papar Jauhar Efendi.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, dimana sebelumnya diawali laporan Ketua Umum BPIC Kaltim H Awang Dharma Bakti yang diwakili BPIC Kaltim Kepala

Bidang Takmir H. Djamaluddin. Khatib  Habib Hasyim Bin Syekh Abu Bakar (Khodim  majelis Rasulullah SAW Kaltim). Imam  H Abdurrahman Al Hafizh.(mar)