Kadinkes: Kita Perlu Alat Medis Pulse Oksimetry

img

dr Martina Yulianti

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, TENGGARONG-Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara membutuhkan alat medis berupa Pulse Oksimetry, alat tersebut digunakan untuk memantau kondisi akurasi oksigen bagi pasien Covid-19.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kukar Martina Yulianti saat zoom meeting terkait pemberian 50 alat konsentrator oksigen, di ruang Vidcon Kantor Bupati Kukar, Rabu (21/7/2021).

"Kami sudah rapat tadi malam, selain alat konsentrator dan ada alat medis yang dibutuhkan yaitu pulse oksimetry" ucapnya.

Pulse oksimetry digunakan untuk mendeteksi akurasi oksigen terhadap pasien Covid-19. Menurutnya, setiap pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman), harus memiliki alat pulse oksimetry, agar bisa mengetahui akurasi oksigen sejak dini.

"Jadi perlu adanya pemantauan secara ketat, alat tersebut ditempel di jari, jika akurasi oksigen dibawah 94, maka pasien tersebut membutuhkan perawatan lebih" ujarnya.

Sebut Yuli, mengapa dilakukan isoman? karena penuhnya Rumah Sakit, sehingga masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 tingkat ringan dilakukan isoman, maka dari itu dilakukan pemantauan secara ketat, agar penanganan Covid-19 bisa cepat tertangani.

"Alat tersebut tidak terlalu mahal, namun penting untuk pasien Covid-19, dan berharap ada bantuan alat tersebut dari dunia usaha" tutupnya.(*riz/adv)