Perpustakaan Dijadikan Pusat Data dan Inklusi Berbasis Sosial, Keberhasilan Sanggam Maluang di Provinsi Kaltim

img

suasana Tim penilai dari propinsi kaltim melakukan penilaian ke Perpustakaan

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,TANJUNG REDEB- Keberadaan Perpustakaan Sanggam Kampung Maluang dijadikan Pusat Data dan Inklusi Berbasis Sosial yang sudah berkembang yakni Batik , tempat bersosialisasi dan tempat pertemuan, menjadi keunggulan tersendiri bagi Perpustakaan Kampung Sanggam berdiri sejak tahun 2011 lalu mendapat penilaian tersendiri  dari dewan juri di Tingkat Propinsi Kaltim baru-baru ini.

Perpustakaan  ini walau baru ikut pertama kali  kompetisi sudah langsung berhasil meraih juara 2.

“Saat kami diputuskan menjadi peserta akan mengikuti kompetisi Perpustakaan kampung tahun 2021 ini, bulan Juni lalu Tim langsung turun melakukan penilaian ke Perpustakaan kami,”jelas Kepala Perpustakaan Kampugn Maluang, Agus Purwati S PD I kepada Media ini Rabu (21/7/2021).

Karenanya tujuan utama Perpustakaan Sanngam maluang  tambah Agus, sama seperti tujuan utama perpusatakaan pada umumnya untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan kecintaan masyarakat pada buku. “Koleksi buku kami lengkapi agar menjadi daya tarik bagi warga untuk datang ke perpustakaan baik, fiksi, non fiksi, majalah surat kabar, DVD dan termasuk koleksi digital,”terang Agus.

Dengan rincian   Non fiksi  1305 judul, fiksi 418, majalah 62, surat kabar 50, koleksi non buku 6 , brile 5 dan reprensi berjum lah 23 judul.

 ”Tidak kami sangka ternyata dalam perjalananya perpustakaan itu ternyata bisa dijadikan pusat data semua terkait dengan data kampung , hal itu sangat kami syukuri.  Menjalankan tugas sehari-hari saya dibantu tenaga pendukung berjumlah 3 orang dalam menyukseskan kinerja perpustakaan kami,”tambahnya.

Seperti diketahui katagori Perpustakaan Umum atau Perpustakaan Kampung tidak tangung-tangung Berau juga langsung borong 3 penghargaan seperti Perpustakaan Sanggam Kampung Maluang Kecamatan Gunung Tabur meraih juara 2, Perpustakaan  Batu Ampat Talisayan meraih juara 3 dan Perpustakaan Lentera Kampung  Pulau Besing meraih juara  Harapan 1. (sep/adv)