Apapun Nama Virusnya, Antisipasinya Tetap Prokes

img

Hadi Mulyadi saat peninjauan Serbuan vaksinasi nasional tahap ke-II, yang dilaksanakan di  Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (Dome Balikpapan

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,SAMARINDA-Wakil Gubernur Kaltim H H adi Mulyadi  menegasakan, apapun jenis varian virusnya (Covid-19), termasuk varian Delta, antisipanya  tetap menegakan Protokol kesehatan melalui 5M yaitu  yaitu  memakai masker, mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi,

“Apapun jenis variannya, prinsipnya masyarakat jangan saling menularkan melalui 5M diantaranya  pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan setiap beraktivitas,”kata Hadi Mulyadi saat peninjauan Serbuan vaksinasi nasional tahap ke-II, yang dilaksanakan di  Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (Dome Balikpapan), Sabtu (24/07/2021).

Menurut mantan  anggota DPRD Kaltim dan DPR RI, masyarakat harus lebih waspda terhadap varian Delta, karena diketahui lebih mudah dan cepat menular daripada varian virus Corona lainnya, sehingga  tidak  hanya menyebabkan angka kesakitan yang meningkat, tetapi juga angka kematian akibat Covid-19 semakin tinggi.

“Covid-19 varian Delta atau B.1.617.2 merupakan penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona yang telah bermutasi. Munculnya varian virus Corona baru ini pertama kali dilaporkan di India pada Desember 2020. Varian ini telah ditemukan di lebih dari 74 negara, termasuk Indonesia. Selain varian Delta, selain itu ada beberapa varian lain dari virus Corona yang bermutasi, misalnya varian Alfa, Beta, Gamma, dan Lambda,”paparnya.

Mengingat Covid-19 varian Delta kian banyak terlaporkan di tanah air, Hadi Mulyadi  mengingatkan   perlu tetap waspada, dan tidak lalai dalam menerapkan protokol kesehatan,dimana dan kapanpun masyarakat berada, terutama selalu memakai masker. 

“Untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Delta atau jenis lainnya,  diharapak seluruh lapisan masyarakat untuk tidak kendor  dan lengah dalam menerapkan protokol kesehatan,”pesannya.

Hadi Mulyadi juga  meminta masyarakat  tidak mengabaikan protokol kesehatan dan tetap mematuhi kebijakan PPKM baik level 3 maupun 4, meski sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap pertama maupun kedua, karena dengan pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi penyebaran Covid-19, yang sampai saat ini masih terus berlangsung.

" Selain menerapkan protokol kesehatan, kita juga meminta  masyarakat  untuk  mengikuti vaksinasi. Mari jaga diri dan keluarga, terapkan gaya hidup bersih sehat, dengan begitu kita bisa menekan penyebaran Covid-19 di Kaltim khususnsya dan Indonesia umumnya,” kata Hadi Mulyadi.(mar)