Wagub Doakan Pasis Dikreg ke-48 Sesko TNI Sukses

img

Acara virtual paparan Executive Summary Wilayah Kaltim oleh Pasis

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,SAMARINDA–Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas masukan dan saran yang disampaikan Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) ke-48 Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI) dalam paparannya setelah melakukan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) di wilayah Kaltim.

“Atas nama Pemprov dan masyarakat Kaltim saya ucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan. Apa yang disampaikan adalah informasi yang luar biasa. Semua informasi ini diterima dan dipelajari dan akan diteruskan kepada seluruh jajaran Pemprov Kaltim, untuk segera ditindaklanjuti,” kata Hadi Mulyadi dalam sambutannya saat mengikuti secara virtual paparan Executive Summary Wilayah Kaltim oleh Pasis, dari ruang kerja Wagub lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (29/07).

Dalam paparan yang diikuti Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, perwakilan Polda Kaltim, Danlanal Balikpapan Kolonel Laut Siswo Widodo dan Danlanud Dhomber Kolonel Pnb Dedy Susanto, Wagub Hadi Mulyadi menyebut pertahanan dan keamanan menjadi perhatian serius diwilayah Kaltim, mengingat Kaltim akan menjadi ibu kota negara (IKN) baru Indonesia.

“Bidang pertahanan dan keamanan (hankam) ini perlu mendapat perhatian serius. Saya sudah mencatat apa saja yang dipaparkan dalam excutive summary dari Pasis Dikreg ke-48 Sesko TNI Wilayah Kaltim,” sebut Hadi.

Mantan legislator Senayan dan Karang Paci ini berharap seluruh perwira yang mengikuti Sesko TNI ini bisa sukses dan mendapatkan apa yang diharapkan. Demikian halnya kepada jajaran TNI dan Polri agar tetap terus menjalin kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah, khususnya dalam penanganan Covid-19 ini.

“Kepada para perwira yang masuk dalam Pasis Sesko TNI ini, harapan kita suatu saat nanti ada yang jadi pimpinan di Kaltim. Kerja sama yang luar biasa selama ini dengan TNI/Polri dapat terus ditingkatkan. Khusus situasi sekarang ini menuntut kita untuk lebih bekerja keras dalam menangani penyebaran Covid-19. Seperti kerja sama Pemprov dengan TNI/Polri dalam pelaksanaan serbuan vaksin, semoga terus berjalan lancar dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kaltim,” harapnya.

Dalam paparan executive summary Pasis Dikreg ke-48 Sesko TNI Wilayah Kaltim,direkomendasikan kepada Kepala Daerah untuk menindaklanjuti dan menyosialisasikan implementasi UU No. 23 tahun 2019 tetang pemberdayaan sumber daya nasional (SDN) untuk pertahanan dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 2021 tentang penyelenggaraan penataan ruang.

Diantaranya menetapkan kawasan wilayah pertahanan ke dalam RTRW bentuk Perda Provinsi dan Kabupaten secara permanen, serta rencana pembangunan daerah disinergikan dengan kepentingan kebutuhan aspek hankam. Selain kepada pemda juga direkomendasikan beberapa hal strategis kepada Kodam VI/Mlw, Polda Kalti, Lanal Balikpapan dan Lanud Dhomber Balikpapan. (mar)