Kukar Diguyur Bantuan Bibit Cabe

img

TENGGARONG, Kutai Kartanegara menjadi salah satu kabupaten yang diguyur (dibantu) ribuan bibit cabe dari Kementerian Pertanian. Program itu merupakan program pemerintah Indonesia dalam menggalakan pencangan 10 juta polybac cabe seluruh Indonesia.

Bantuan dari Kementrian Pertanian itu secara simbolis diserahkan Kadis Pertanian Kukar Sumarlan, kepada Forum Kukar Sehat, Senin (15/5/2017) lalu.

”hari ini saya mengawalinya di Forum Kabupaten Sehat Kutai Kartanegara dengan penyerahan 3000 bibit cabe beserta polybag untuk diserahkan kepada masyarakat diberbagai RT di Kecamatan Tenggarong,” ungkapnya.

Kata Sumarlan, cabe yang diserahkan jenis Dewata dimana masa pertumbuhannya pendek dan satu lagi jenis biasa dimana pertumbuhannya lehih tinggi namun rasa cabenya sama-sama  sangat pedas. Ini yang digemari oleh masyarakat.

”Tujuannya bagaimana mengembangkan tanaman cabe ini yang sering kali kita merasakan dimana cabe ini harganya tinggi pada musim-musim tertentu. Jika ini bisa diatasi oleh masing-masing rumah tangga terutama di perkotaan maka ini bisa mengurangi salah satu dampak Inflasi,” tambah Sumarlan.

Marlan panggilan khas Sumarlan ini, berharap kedepannya pengembangan cabe Polybag atau sistem pot ini bisa dikembangkan khususnya didaerah-daerah rawan banjir dan pesisir Kukar.

“Secara bertahap kita berkerja sama dengan PKK, Dharma Wanita, dan Organisasi Kemasyarakatan lainnya dan itu sudah kita alokasikan.

Dengan Kondisi cuaca yang tidak menentu di Kutai Kartanegara ini, Pemkab Kukar menyampaikan jika sudah menyiapkan solusi penangannya yaitu membantu petani dengan rain sister yang berguna untuk mengurangi intensitas curah hujan.awi/poskotakaltimnews.com