DPRD Kukar Gelar Rapat Paripurna Terkait Rancangan Perubahan KUA dan PPAS APBD 2021

img

(Rapat paripurna DPRD Kukar)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.KUKAR- Ketua DPRD Kutai Kartanegara Abdul Rasyid, didampingi Wakil Ketua Alif Turiadi, Siswo Cahyono  memimpin kegiatan Rapat Paripurna, Jumat (27/8/2021).

Tiga agenda rapat paripurna yang dilaksanakan DPRD Kukar yang dihadiri Wakil Bupati H Rendi Solihin itu, diantaranya adalah Rapat Paripurna penyampaian Rancangan Perubahan Kebijakan Umum APBD(KUA) dan Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun 2021, kemudian dilanjutkan dengan rapat paripurna terkait Pandangan Umum Fraksi terhadap Rancangan Perubahan KUA dan PPAS APBD 2021, dan terakhir adalah tanggapan pemerintah terhadap pandangan umum fraksi DPRD Kukar.

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid mengatakan, dengan adanya pelaksanaan rapat paripurna saat ini, berharap kedepannya bisa lebih lancar dalam melaksanakan setiap kegiatannya.

"Bagaimana kegiatan yang telah direncanakan bisa terealisasi dan tidak terlalu memakan Silpa, sehingga hal ini bisa meminimalisir Silpa" kata Abdul Rasyid kepada media, di DPRD Kukar, Jum'at (27/8/2021).

Sementara itu Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin menyampaikan, dari penyampaian rapat paripurna, ada beberapa angka yang terjadi dalam hal penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar.

"Penurunan PAD kita yang awalnya Rp. 470 milliar, dan saat ini menjadi sekitar Rp. 430 milliar, kita turun sekitar Rp. 30 milliar" ucap Rendi Solihin

Lanjut dia, yang paling penting ialah pembahasan di DPRD Kukar, bagaimana mekanismenya untuk dibahas di banggar lebih detailnya. Tahapan selanjutnya melakukan persetujuan KUA PPAS dan penetapan APBD Perubahan 2021.

Ia juga menyebutkan, tahun ini pada APBD Perubahan lebih banyak melakukan efisiensi kegiatan, sedangkan tahun sebelumnya banyak melakukan kegiatan.

 "Pada tahun ini kita cenderung melakukan efisiensi, sehingga bisa meminimalisir Silpa, banyak hal yang bisa diefisiensi ditengah pandemi, seperti perjalanan dinas dan lainnya" tutupnya.(*riz/adv)