Pemdes Tuana Tuha Kembangkan Sektor UMKM

img

Gula jahe

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.KUKAR- Guna mengembangkan sektor UMKM untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar, Pemerintah Desa Tuana Tuha Kecamatan Kenohan Kabupaten Kukar, kini mengembangkan sektor UMKM dengan memproduksi gula semut, gula jahe dan cemilan gula kelapa.

Kades Tuana Tuha Tomi mengatakan, untuk memproduksi ini, awalnya kami berinisatif belajar ke Desa Kandolo Kutim, dan yang memperlenalkan kami dari Dinas Kehutanan Kukar, setelah itu kami mandiri memproduksinya dengan kawan-kawan pemuda dari Desa Tuana Tuha, dan produksi awal kita membuat gula semut dengan bahannya dari aren.

"Produksi UMKM ini sudah berjalan hampir 9  bulan, dan pemasarannya sementara kita jual dirumah saja dan dititipkan di warung-warung, selain di Desa Tuana Tuha juga kami pasarkan di Desa-desa tetangga, " ungkap Tomi.

Selain dipasarkan di sekitar Desa Tuana Tuha, Tomi mengaku, produksi kita juga di pasarkan di Samarinda tepatnya di auto swalayan, kami bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Provinsi.

"Jadi sistemnya kita titip ke Dinas Perkebunan Provinsi, lalu mereka yang jualkan ke auto swalayan, " terangnya.

Ia menyebutkan, untuk gula semut harga yang kita pasarkan satuannya Rp 15.000 dengan ukuran 250 gram, gula jahe Rp 25.000 dan cemilan gula kelapa Rp 20.000.

Ia menambahkan, untuk progres kedepan rencananya kami mau buka home industrinya karen selama ini kita kerjakan dirumah saja, nanti kita buatkan di satu tempat kemudian nanti juga ada edukasi cara membuatnya disana, jadi jika ada orang dari luar ingin berkunjung di home industri ini mereka bisa lihat proses pembuatannya, dan bisa langsung praktek pembuatannya.

"Jadi home industri ini nantinya jadi satu tempat pembuatannya sekaligus tempat jualannya, dan kami harap sektor UMKM ini kedepannya bisa maju lagi untuk meningkatkan perekonomian warga, " tutupnya.(adv)