Bahas Program Pertanian 2020,Komisi II DPRD Kukar Gelar RDP

img

(Ketua Komisi II bersama sejumlah anggota Komisi II DPRD Kukar)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.KUKAR- Untuk bisa mengetahui secara jelas gambaran program kerja pada bidang pertanian dan peternakan Kutai Kartanegara pada tahun 2022 nanti, DPRD Kukar melalui Komisi II melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan menghadirkan pihak Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar, Selasa (7/9/2021).

Pertemuan dilangsungkan diruang rapat Komisi II DPRD Kukar, dipimpin Ketua Komisi II Hamdan, didampigi sejumlah anggota seperti Firnadi Ikhsan, Sopan Sopian, Sarifudin dan H Azhar, H Doni Ikhwan, sementara dari Dinas Pertanian dan Peternakan hadir Sekretaris Sya'rani.

Rapat tersebut membahas program pertanian dalam arti luas pada 2022 mendatang, yang sesuai dengan visi dan misi Bupati Kukar.

"Dari hasil lapangan, ada usulan dari gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang tidak terealisasi, maka dari itu kami mencoba mengevaluasi, apa saja kendala kendala sehingga tidak terealisasi, kami undang OPD terkait untuk evaluasi ini" Kata Hamdan kepada media usai rapat, Selasa (7/9/2021).

Lanjut dia, yang menjadi kendala tidak terealisasinya usulam tersebut ialah perihal administrasi gapoktan yang kurang lengkap, pengajuan usulan yang terlambat.

"Seperti proposal gapoktan tidak sempurna dan pengajuan proposal yang lambat" tuturnya.

Ia juga menyebutkan, seharusnya Distanak Kukar mendengar aspirasi masyarakat, apa saja yang dibutuhkan masyarakat, dan dianalisa juga secara mendalam.

"Apakah aspirasi tersebut sangat urgent, apakah bisa produksi terus menurus jika Distanak merealisasikan aspirasi tersebut" ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Distanak Kukar Sya'rani menuturkan, terima kasih kepada DPRD Kukar yang telah mendukung program program Distanak Kukar, semoga anggarannya terakomodir setiap program Distanak Kukar.

"Program kita kedepan tetap mengacu terhadap visi dan misi Bupati Kukar, seperti infrastruktur, mekanisasi dan alsintan" ujar Sya'rani.

Dikatakannya, RPJMD Bupati Kukar 2021-2026, program prioritas Distanak Kukar membangun jalan usaha tani sepanjang120 km, membuat 120 embung, membuka 100 Tanaman Pangan Hortikuktura (TPH), dan 20 perkebunan.(*riz//adv)