Sekprov Buka Bimtek Jabatan Fungsional Pranata Humas

img

(Pembukaan Bimtek)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.SAMARINDA-Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim M Sa'bani mengharapkan para pranata Humas harus banyak belajar  dan menanbah  ilmu pengetahuan dan wawasanya akan semakin  meningkat sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

"Mudahnya akses informasi saat ini, kita semua harus mampu  memberikan penyejukan dalam mengekspos atau mengepresikan berbagai bentuk informasi, berita, komentar dan sebagainya,"kata  Sa'bani saat membuka acara Bimbingan Teknis Jabatan fungsional  pranata Humas di lingkungan Pemprov Kaltim tahun 2021, yang digelar di Hotel Mercure Samarinda, Selasa (7/9/2021).

Sa'bani, juga mengharapkan  pranata Humas  harus mampu memberikan informasi yang sejuk bagi masyarakat Kaltim, termasuk menyikapi  berita- berita yang beredar  serta mampu meluruskan apabila ada berita yang keliru.

"Kita mengharapkan kepada pranata Humas juga di masing-masing OPD harus banyak belajar bagaimana cara berkomunikasi melalui media, dan hari ini dilakukan pendidikan dan pelatihanya. Manfaatkan Bimtek ini dengan baik, karena bagaimanapun  apabila kita tidak dewasa menyikapi berita dengan baik, maka yang ada  adalah bermunculan berita-berita hoax, yang sebenarnya tidak perlu terjadi," pesan

Terkaitan kritikan-kritikan  sosial yang disampaikan di media sosial kepeda pemprov, bahkan pejabat harus disikapi dengan sejuk, jangan di konter berlebihan, tapi di luruskan.

Kemampuan mengulas persoalan tersebut, lanjut Sa'bani,  nantinya akan diberikan melalui pembelajaran, terkait bagaimana menulis dan sebagainya, Dan kamampuan itu perlu ditmbah dengan wawasan  yang luas. Oleh karena itu pranata Humas tidak cukup mengikuti Bimtek seperti ini, tetapi harus terus mencari ilmu, informasi dan sebagainya melalui berbagai media.

Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim Dra.Nina Dewi mengatakan  tujuan penyelenggaraan Bimtek ini adalah membantu pengembangan  profesionalisme dan kompetensi berkelanjutan bagi ASN dalam bidang Kehumasan.

Peserta pelatihan ini, lanjut Nina  adalah ASN di lingkungan Pemprov Kaltim yang selama ini telan menangani kehumasan di OPD Kaltim sebanyak 38 orang Pemkot Samarinda 1 orang dan instansi vertical Yaitu Kantor Perwakilan BKKBN sebanyak 1 orang dengan berjumlah 40 orang

"Waktu pelaksanaan pelatihan ini dimulai dari tanggal 7 sampai 9 September  2021, di Mercure Hotel Samarinda.

penyelenggaraan Bimtek  menggunakan pembelajaran secara klasikal atau tatap muka, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat, guna pencegahan penularan Covid-19,"kata Nina Dewi.(mar)