Pangdam VI Mulawarman Tinjau Lahan Cadangan Pangan Nasional

img

Peninjauan Pangdam VI/Mulawarman 

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.KUKAR- Pangdam VI/Mulawarman Mayjen Heri Wiranto meninjau lahan cadangan ketahanan pangan dalam rangka panen raya dan program Teras Negeri, di Desa Tanjung Batu, Selasa (14/9/2021).

Dalam peninjauan tersebut turut dihadiri Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, Bupati Kukar Edi Damansyah, Kapolres Kukar AKBP Arwin Amri Wientam. Peninjauan tersebut sangat diapresiasi oleh Paangdam VI/Mulawarman terhadap kinerja Dandim 0906 Kukar, pemerintah daerah, Polri, serta dunia usaha.

“Saya apresiasi luar biasa, yang awalnya lahan ini lahan tidur dan saat ini bisa dimanfaatkan dengan baik, sehingga bermanfaat untuk masyarakat juga” kata Heri Wiranto.

Lanjut dia, adapun kendala yang dialami selama ini dalam melaksanakan cadangan ketahanan pangan nasional cukup banyak, seperti kodisi lahan yang sebelumnya semak belukar, kualitas tanah, dan lainnya.

“Awalnya kelihatannya sulit untuk mengubah lahan tersebut mmenjaadi lahan cadangan pangan, namun hal ini diiringi dengan kerja bersama dan kerja keras, baik itu TNI, Polri, Pemerintah Daerah, dan dunia usaha” ucapnya.

Ia juga menyebutkan, masyarakat desa Tanjung Batu sangat luar biasa, selalu berinovasi, hal ini berkat dukungan atau pembinaan dari pemerintah desa, khususnya kelomok tani semangatnya luar biasa.

“Pembinaan terhadap masyarakat desa seperti pertanian dalam arti luas, sektor UMKM, berkat dari pembinaan tersebut desa Tanjung Batu menjadi Desa Mandiri” sebutnya

Sementara itu Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan, rasa syukur bahwa desa Tanjung Batu menjadi salah satu lokus program cadangan ketahanan pangan melalui program desa sinergi hijau.

“Kita sudah melihat lahan sekitar 460 Haktare, saat ini kawasan tersebut sudah terbuka,  baik itu pertanian padi, hortikultura, peternakan, perikanan, tentunya ini bisa menjadi role model bagi desa desa lainnya” sebut Edi Damansyah

Tambah dia, seiirng dengan kebijakan pemerintah Kabupaten kutai kartanegara pada 2021-2026 yang termasuk kedalam RPJMD Kukar pada sektor pertanian.(*riz)