PTM di Kukar Tunggu Ijin Satgas Covid

img


POSKOTAKALTIMNEWS.COM, KUKAR. Dinas Pendidikandan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar belum bisa memastikan terlaksananya Pembelajaran Tatap Muka (PTM), karena masih menunggu ijin dari Satgas Covid-19 Kukar. 

Plt Kepala Disdikbud Kukar H Slamet Hadirahrjo mengatakan, Disdikbud Kukar selalu berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 terkait pelaksanaan PTM. Sudah ada rencana melaksanakan PTM sesuai dengan intruksi Presiden RI Joko Widodo. 

"PTM bisa dilaksanakan apabila diwilayah masing masing memberlakukan PPKM dibawah level 4 dan zona aman perkembangan Covid-19" kata Slamet Hadiraharjo saat ditemui poskotakaltimnews, diruang kerjanya, Senin (20/9/2021) .

Lanjut dia, Bupati Kukar Edi Damansyah juga memberikan sinyal, jika nanti di Kukar PPKM sudah turun levelnya, maka Disdikbud Kukar diminta untuk mengevaluasi rencana PTM. 

"Bahkan Sekretaris Daerah H Sunggono menelpon saya tadi, bahwa nanti malam akan ada rapat soal PTM" sebutnya.

Menurutnya, pembelajaran daring selama ini tidak terkontrol, sehingga orang tua, guru, Satgas Covid-19 Kecamatan bahwa melihat kondisinya sudah mulai menurun, untuk itu mereka semakin meminta segera PTM. 

Sementara pelaksanaan PTM perlu adanya syarat ketentuan yaitu, semua guru sudah lakukan vaksinasi Covid-19, dan vaksinasi pelajar juga sudah mulai digencarkan. Dari data yang terhimpun sekitar 90 persen guru yang sudah lakukan vaksinasi, sedangkan data vaksinasi pelajar belum diketahui sudah berapa. 

"Untuk vaksinasi guru belum 100 persen terkendala karena, informasi kurang optimal, jarak yang sangat jauh, dan penyakit bawaan, sehingga belum bisa lakukan vaksinasi" jelasnya 

Tambah dia, harapannya dari Dinas Kesehatan bisa jemput bola, mendatangi lokasi yang jauh, untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 terhadap guru, pelajar, dan masyarakat. 

Diketahui hampir semua sekolah di Kukar siap melaksanakan PTM, di Kukar ada 456 Sekolah Dasar (SD), dan 145 Sekolah Menengah Pertama (SMP).(*riz)