Tim Aligator Polres Kukar Ringkus Pelaku Pencurian

img


POSKOTAKALTIMNEWS.COM.KUKAR. Tim Aligator Satreskrim Polres Kukar berhasil mengamankan seorang pelaku tindak pidana pencurian. Pelaku tersebut berinisial SR (33) yang merupakan warga Desa Sanggulan, namun di KTP beralamat di Loa Kulu.

Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama melalui Kasat Reskrim AKP Herman Sopian mengatakan, ada salah satu warga Tenggarong Jalan Belimbing RT 75, Kelurahan Loa Ipuh, Muhammad Adrianur melapor ke Polres Kukar bahwa di rumahnya telah terjadi pencurian. 

Kejadian tersebut pada 18 September 2021 sekira pukul 08.00 wita,  pada saat itu Muhammad Adrianur hendak memasak, namun melihat tabung gas tidak ada lagi, mengetahui hal tersebut Muhammad Adrianur mengecek keadaan rumah. 

"Ternyata ada barang barang lain yang hilang, dan melihat salah satu jendela dalam keadaan rusak bekas tercongkel" kata Herman Sopian saat dihubungi Poskotakaltimnews, Senin (20/9/2021).

Kemudian Muhammad Adrianur berusaha mencari informasi di sosial media Facebook, berharap ada yang menjual barang yang hilang tersebut, dan benar ternyata ada seseorang yang menawarkan Gitar listrik yang mirip dengan Gitar yang hilang. 

Atas kejadian tersebut, korban segera melapor ke Polres Kukar, dan Polres Kukar segera menindaklanjuti laporan tersebut. 

"Bahwa korban ada mencurigai sebuah postingan di Facebook orang menjual Gitar listrik yang mirip milik korban yang hilang, kemudian oleh Team dilakukan penyelidikan terhadap pemilik akun Faceboom tersebut" sebutnya.

Kemudian pelaku di pancing untuk dibeli Gitarnya, dan bersedia melakukan transaksi di simpang Bukit Biru, Kelurahan timbau. Sekitar pukul 22.30 wita, pelaku datang membawa Gitar yang di tawarkan, dan setelah dilakukan interogasi pelaku mengakui bahwa Gitar tersebut hasil mencuri di daerah Maluhu. 

Polisi terus mengintrogasi pelaku, dan ternyata terbongkar aksi pelaku oencurian sudah dibeberapa tempat seperti melakukan pencurian di Villa milik mantan Bupati Kukar alm Syaukani, kemudian di Desa Rapak Lambur, bahwa pelaku mengakui pernah melakukan pencurian bersama temannya MM di daerah tersebut. 

"Anggota masih melakukan pengembangan dan mencari pelaku yang melarikan diri yaitu MM" ujarnya.

Sementara petugas berhasil mengamankan barang bukti hasil curiannya di rumah pelaku, dan pelaku beserta barang bukti diamankan di Polres Kukar. Adapun barang bukti yang diamankan yaitu, 2 kipas angin twin fan, 1 set salon aktif merk polytron, 2 dispenser, 1 alat pemotong keramik. 

1 Genset 2500, 1 TV 32 inch, 2 double pan merk hapycal, 1 buah digital keyboard, 1 sound booster, 1 buah UPS merk, 1 buah mesin louter, 1 mesin airtool, 1 kompor, 1 stavolt, 1 mesin rumput, 1 magicom, 1 buah lukisan kaligrafi, 1 termos 20 liter. 

"Atas perbuatanya pelaku dikenakan Pasa 363 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara" tutupnya.(*riz)