Polres Kukar Gelar Apel Operasi Patuh Mahakam 2021

img


POSKOTAKALTIMNEWS.COM.KUKAR-Polres Kukar menggelar Apel Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Mahakam 2021 dengan tema "Melaui Operasi Patuh Mahakam Tingkatkan Disiplin Prokes,"di Polres Kukar, Senin (20/9/021). 

Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama mengatakan, Operasi Patuh Mahakam 2021 dengan mengsung tema semua pihak harus tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas. Operasi tersebut dilaksanakan selama 2 pekan kedepan, sejak 20 September 2021. 

"Dalam operesi Patuh Mahakam kita harus disiplin prokes juga, untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap" kata Arwin Amrih Wientama saat sambutannya, di Halaman Polres Kukar, Senin (20/9/2021).

Dikatakannya, Operasi Patuh Mahakam ini merupakan operasi kewilayahan yang digelar secara serentak diseluruh Indonesia. Diharapkan dapat berjalan dengan optimal sesuai dengan tujuan dan mencapai sasaran yang telah ditetapkan. 

Diketahui, Perbandingan data operasi patuh 2019 dan 2020 yaitu, jumlah pelanggaran lalu lintas berupa tilang tahun 2019 berjumlah 14.778 kasus dan tahun 2020 berjumlah 1.880 kasus atau turun 92% akan tetapi data tersebut turun bukan berarti Pelanggaran tidak ada lagi tapi karena adanya Wabah Covid 19 sehingga Mobilitas atau Aktivitas Masyarakat menurun Drastis dan Penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan Tilang juga sangat dikurangi atau bahkan ditiadakan. 

Teguran tertulis pada tahun 2019 sejumlah 7.506 pelanggaran pada tahun 2020 sejumlah 9.901 Pelanggaran atau naik 32%.untuk Data Laka Lantas pada Tahun 2019 sejumlah 3 Kasus dan pada  Tahun 2020 sejumlah 13 kasus yaitu naik 33%. 

Berdasarkan data diatas angka Lakalantas Inilah yang harus menjadi perhatian kita semua kedepan makin bisa kita kurangi walaupun terjadi penurunan yang signifikan pada angka penindakan pelanggaran. 

Data Laka Lantas tersebut membuktikan bahwa pelanggaran lalu lintas masih terus saja terjadi di jalan karena setiap kecelakaan pasti didahului oleh pelanggaran lalu lintas jika semua pengguna jalan taat dan tertib berlalu lintas maka dapat dipastikan Lakalantas yang disebabkan oleh pengemudi dapat dihilangkan atau berkurang secara signifikan. 

Pelaksanaan operasi patuh Mahakam ini diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yaitu meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas untuk menurunkan angka pelanggaran dan Laka Lantas serta sekaligus meningkatnya disiplin protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran covid-19.(*riz)