Pemkab Alokasikan Rp 217 Milliar untuk Dukung Pengembangan Sektor Perikanan

img

Muslik Kepala DKP Kukar.

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, KUKAR- Pemkab Kukar pada 2023 ini mengalokasikan anggaran sekitar Rp. 217 Milliar, untuk mendukung  pengembangan sektor perikanan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar Muslik mengatakan, alokasi anggaran sekitar Rp. 217 Milliar tersebut diperuntukan untuk berbagai program perikanan, diantaranya untuk program penunjang sarana dan prasaran perikanan tangkap, pengawasan sumber daya ikan, pengentasan kemiskinan dalam hal ini memberikan bantuan kepada kelompok nelayan.

"Di dalam RPJMD Kukar sebanyak 25 ribu kelompok nelayan yang akan diberikan bantuan, untuk tahun ini sekitar 9 ribu kelompok nelayan yang akan menerima bantuan, kami optimis apa yang sudah ditargetkan bahkan bisa melebihi dari rencana awal," kata Muslik Kepada Poskotakaltimnews, di Hotel Elty Singgasana Tenggarong, Selasa (14/3/2023).

Ia juga menyebutkan, bantuan yang diberikan berupa sarana dan prasaran perikinan, bibit ikan, udang, kapal tangkap, mesin, bioplog, budidaya keramba, jaring dan sebagainya.

"Tahun ini banyak kegiatan dalam mendukung sektor perikanan di Kukar. Selain memberikan bantuan ada juga pematangan lahan hatchery dalam hal ini, kita melakukan pembangunan untuk pembenihan baik ikan maupun udang," ucapnya.

Hal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan produktivitas pada sektor perikanan, sehingga kelompok nelayan bisa mandiri dan sejahtera. Tentunya bisa memberikan nilai tambah bagi pendapatan mereka.

"Harapan kita tentu saja pencapaian peningkatan produksi bagi kelompok nelayan," pungkasnya.(riz/adv)